Artikel

Penyebab Bopeng Pada Wajah dan Cara Menghilangkannya!

penyebab bopeng pada wajah

Penyebab bopeng pada wajah didasari oleh beberapa faktor, kamu bisa konsultasi dengan Dokter Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Bopeng pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya jerawat yang parah dan tidak diobati dengan tepat, penyakit kulit seperti acne vulgaris atau folikulitis, luka bakar, atau cedera fisik pada kulit wajah.

treatment ipl adalah
Source: Freepik

Kondisi tersebut bisa menyebabkan peradangan dan pengerutan jaringan kulit, sehingga meninggalkan bekas luka atau cekungan yang tak rata pada permukaan wajah.

Menjaga kebersihan wajah, menghindari penyebab jerawat, serta penanganan medis yang tepat waktu bisa membantu mencegah terbentuknya bopeng pada wajah.

Penasaran dengan penyebab bopeng pada wajah? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Bopeng Pada Wajah

Ada beberapa penyebab bopeng pada wajah, antara lain:

  • Jerawat yang parah: Jerawat yang meradang dan melukai lapisan kulit lebih dalam bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, pada akhirnya mengakibatkan bopeng.
  • Kebiasaan memencet jerawat: Memencet jerawat bisa memperparah peradangan dan menyebabkan luka lebih dalam, sehingga meningkatkan risiko bopeng.
  • Cacar air: Cacar air bisa menyebabkan luka dalam pada kulit, yang bisa meninggalkan bopeng setelah sembuh.
  • Infeksi bakteri: Infeksi bakteri yang parah pada kulit bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan bopeng.
  • Luka bakar: Luka bakar yang parah bisa merusak jaringan kulit dan menyebabkan bopeng.
  • Bekas luka: Bekas luka akibat kecelakaan atau operasi, bisa meninggalkan bopeng.
  • Acne Keloidalis Nuchae: Kondisi ini menyebabkan peradangan kronis pada kulit di belakang leher, yang bisa menyebabkan bopeng.
  • Sindrom Ehlers-Danlos: Kondisi ini menyebabkan kelemahan jaringan ikat, yang bisa membuat kulit lebih mudah terluka dan berbopeng.
  • Faktor Genetika: Faktor genetik bisa mempengaruhi seberapa besar kemungkinan seseorang mengalami bopeng setelah mengalami luka atau jerawat.
  • Perawatan kulit yang tidak tepat: Penyebab bopeng pada wajah selanjutnya, perawatan kulit yang tidak tepat bisa memperparah jerawat dan meningkatkan risiko bopeng.
Baca juga:  9 Cara Perawatan Wajah Pria Agar Tetap Bersih dan Bebas Jerawat

Bagaimana Cara Mencegah Bopeng

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah timbulnya bopeng:

  1. Jangan memencet atau menggaruk jerawat. Hal ini bisa menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka yang bernanah, sehingga bisa menyebabkan bopeng.
  2. Segera mengobati jerawat dengan produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida atau asam salisilat. Hal ini bisa membantu mengecilkan jerawat dan mencegah nanah.
  3. Gunakan krim Sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa memperdalam warna bopeng.
  4. Rawat kulit dengan lembut, hindari menggunakan produk yang terlalu keras pada kulit dan bisa mengiritasi bahkan memperparah jerawat.
  5. Jaga kebersihan wajah dengan membersihkan secara teratur tetapi tidak berlebihan agar tidak merusak lapisan pelindung kulit.
  6. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor untuk mencegah masuknya bakteri yang bisa menyebabkan peradangan.
  7. Konsumsi makanan bergizi seperti buah, sayuran, dan protein yang membantu menjaga kesehatan kulit.
  8. Jika bopeng tetap ada, konsultasikan dengan Dokter kulit untuk mendapat perawatan lebih lanjut seperti perawatan laser atau mikrodermabrasi.

Pencegahan sejak dini adalah kunci untuk menghindari terbentuknya bopeng. Perawatan yang tepat dan gaya hidup sehat bisa membantu meminimalisir risiko timbulnya bopeng. Pahami dengan baik mengenai penyebab bopeng pada wajah lebih mendalam.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bopeng

Bopeng bekas jerawat memang mengganggu penampilan. Ada beberapa cara untuk menghilangkannya, dari perawatan alami hingga medis. Berikut beberapa pilihannya:

1. Perawatan Every Day

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat:

  • Gunakan produk mengandung vitamin C: Vitamin C bisa membantu mempercepat perbaikan kulit dan mencerahkan noda bekas jerawat. Pilihlah serum atau krim dengan konsentrasi vitamin C 10-20%.
  • Menggunakan Retinoid: Retinoid seperti tretinoin bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit baru sehingga menyamarkan bopeng.
  • Menggunakan produk Peeling: jadi peeling dengan asam alfa hidroksi atau asam glikolat bisa mengangkat lapisan kulit mati dan menyamarkan bopeng secara bertahap.
  • Menggunakan masker: Masker bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, sehingga wajah terlihat lebih cerah.
  • Menggunakan tabir surya: terpapar sinar matahari bisa memperparah bopeng. Gunakan tabir surya SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di outdoor.
Baca juga:  Perawatan Untuk Kulit Eksotis, Dijamin Jadi Lebih Glowing!

Kombinasikan beberapa metode di atas dan lakukan secara konsisten untuk hasil maksimal. Jika bopeng sangat parah, konsultasikan dengan Dokter Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pastikan kamu memahami penyebab bopeng pada wajah sebaik mungkin.

2. Perawatan di Klinik

  • Chemical peeling: Chemical peeling menggunakan bahan kimia untuk mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru.
  • Microdermabrasi: Microdermabrasi menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang produksi kolagen.
  • Dermabrasi: Dermabrasi menggunakan alat yang lebih kasar untuk mengangkat lapisan kulit terdalam.
  • Microneedling: Microneedling menggunakan alat dengan jarum kecil untuk menusuk kulit dan merangsang produksi kolagen.
  • Laser therapy: Laser therapy menggunakan sinar laser untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin.
  • Filler: Treatment Filler disuntikkan ke dalam bopeng untuk mengisi dan meratakan permukaan kulit.

Konsultasikan dengan Dokter untuk menentukan perawatan yang tepat untuk jenis kulit dan tingkat keparahan bopeng yang dialami.

Gunakan Sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Hindari memencet jerawat karena dapat memperparah bopeng.

Sobat Fabella harus tahu bahwa perawatan bopeng membutuhkan waktu dan kesabaran. Bagaimana sudah paham penyebab bopeng pada wajah, yuk konsultasi Dokter kami untuk informasi lebih detail.

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll