Artikel

Ciri Ciri Kulit Sensitif: Cek Cara Mengatasinya!

ciri ciri kulit sensitif

Ciri ciri kulit sensitif ditandai dengan kemerah dan mudahnya berjerawat hingga munculnya ruam merah yang bersisik atau bergelombang.

Kulit sensitif ditandai dengan reaksi berlebihan terhadap bahan kimia tertentu. Adapun ciri ciri kulit sensitif seperti kering dan bersisik, reaktif terhadap produk kosmetik, mudah berjerawat, dan gatal. Oleh karena itu, siapa pun yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam merawat dan memilih produk kecantikan.

Ciri Ciri Kulit Sensitif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jenis kulit sensitif adalah kulit yang rentan mengalami iritasi bila terkena bahan kimia tertentu. Sinar matahari, suhu udara yang ekstrim, polusi, dan produk kosmetik merupakan penyebab utama kulit sensitif. 

Masalah kulit ini bisa menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada seseorang yang sedang dalam masa pubertas karena perubahan hormon. Adapun ciri ciri kulit sensitif seperti:

1. Mudah Kering dan Bersisik

Kulit sensitif memiliki tingkat kelembapan alami yang rendah sehingga menyebabkan kulit lebih cepat kering, bersisik, bahkan mengelupas. Kondisi ini bisa memburuk jika terkena suhu ekstrem.

2. Kulit Terasa seperti Tertarik

Selain kering dan bersisik, kulit sensitif yang tidak diberi pelembab akan berkurang kekenyalannya sehingga membuat kulit terasa seperti tertarik. Parahnya, kondisi ini bisa menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak sehat.

Baca juga:  Tempat Perawatan Wajah Terbaik: Yuk Mulai Perawatan Anti Aging!

3. Lebih Reaktif

Jika terkena sabun, parfum, atau produk perawatan kulit tertentu, ciri ciri kulit sensitif menjadi lebih reaktif sehingga menimbulkan reaksi alergi dalam waktu singkat.

4. Muncul Ruam Merah

Ruam merah adalah tanda paling umum dari kulit sensitif. Ruam ini biasanya memudar setelah menghindari paparan pemicu zat iritasi dan menerima treatment ringan. Jika ruam merah tidak kunjung berkurang, dokter akan menggunakan terapi laser.

5. Rentan Muncul Jerawat

Ciri ciri kulit sensitif selanjutnya adalah rentan terhadap jerawat. Kulit kering dan sensitif dapat menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum atau minyak. Hal ini berisiko menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit sehingga berujung pada jerawat.

6. Mudah Terbakar Oleh Sinar Matahari

Karena rentan iritasi, kulit sensitif cepat terbakar jika tersengat sinar matahari. Kondisi ini ditandai dengan adanya rasa panas dan terbakar, ruam merah, dan kulit mengelupas.

7. Gatal Gatal

Gatal juga menjadi ciri ciri kulit sensitif, terutama setelah membersihkan wajah atau menggunakan produk kosmetik yang menimbulkan reaksi alergi. Membilas dengan air hangat dapat memperparah iritasi, apalagi sampai menggaruk kulit karena dapat menyebabkan luka dan infeksi.

Cara Merawat Sensitif Skin

Untuk mencegah timbulnya reaksi berlebih dan iritasi pada kulit, berikut adalah sejumlah cara merawat kulit sensitif yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Produk yang Sesuai

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan produk kecantikan atau kosmetik yang sesuai. Produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, panthenol, atau gliserin dapat membantu melembabkan dan menjaga skin barrier.

Selain itu, pastikan produk yang kamu pilih tidak mengandung pewangi atau alkohol untuk menghindari reaksi alergi dan iritasi.

Baca juga:  Atasi Pigmentasi Kulit agar Kembali Cerah di Klinik Laser Wajah Depok

2. Gunakan Tabir Surya

Jika kamu mengalami ciri ciri kulit sensitif diatas, sebaiknya hindari (sunburn) dan oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 secara berkala. Selain mencegah sengatan matahari, tabir surya juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV berlebihan yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan kanker kulit.

3. Gunakan Pelembab

Cara mengetasi kulit sensitif yang tak kalah penting adalah menggunakan pelembab. Kulit sensitif cenderung mudah kering karena suhu udara yang dingin atau panas, oleh karena itu diperlukan lotion pelembab untuk menjaga tingkat kelembaban alami kulit tetap stabil. Untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi pada kulit, gunakan pelembab hipoalergenik.

4. Bersihkan Kulit Wajah Secukupnya

Agar kulit wajah sensitif tidak terasa kering dan iritasi, bersihkan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sebelum tidur. Jika ingin melakukan eksfoliasi pada wajah, gunakan produk yang mengandung asam laktat dan aplikasikan seminggu sekali. 

Rekomendasi Treatment Sensitif Skin

Ciri ciri kulit sensitif memang harus diperhatikan dengan baik untuk menghindari masalah kulit yang lebih serius. Selain menggunakan cara yang dijelaskan di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa treatment dari Fabell Beauty Clinic seperti:

1. Multi Action Poreless

Multi Action Poreless Treatment yang microneedling yang bertujuan memasukan serum pada kulit wajah. Mengandung formula multi-pori yang merupakan campuran unik dari vitamin C long-acting, ekstrak centella asiatica, dan glycylglycine. Sangat efektif untuk masalah pori besar, membuat kulit tampak lebih halus, dengan pori yang mengecil.

2. 101 miracle Glasskin

Treatment 101 Miracle Glasskin merupakan peeling TCA biphasic pertama di dunia. Keunggulan dari peeling ini adalah membuat kulit lebih cerah after peeling namun minim pengelupasan. Selain itu seperti namanya 101 miracle gelaskin ini memiliki 101 manfaat yang cocok untuk semua jenis kulit.

Baca juga:  10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Karena Usia

Nah, jika kamu mempunyai masalah kulit lainnya, jangan ragu untuk menghubungi Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Tidak perlu khawatir, karena semua perawatan akan dilakukan oleh dokter profesional yang ahli dan berpengalaman. Sehingga ciri ciri kulit sensitif diatas dapat diatasi dengan baik dan mudah, selamat mencoba!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll