Artikel

Cara Mengatasi Wajah Breakout Dan Prosedur Mengatasinya!

cara mengatasi wajah breakout

Cara mengatasi wajah breakout didasari beberapa faktor, prosedur alami, rumahan, atau treatment dokter, simak selengkapnya di bawah ini!

Wajah breakout atau jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Penyebabnya bisa berupa produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori, bakteri, stres, atau faktor hormonal.

Untuk mengatasinya, penting untuk menjaga kebersihan wajah dengan membersihkan secara teratur namun tidak berlebihan. Gunakan produk pembersih dan perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Hindari memencet jerawat untuk mencegah infeksi dan bekas luka. Menjaga pola makan sehat, cukup istirahat, serta mengelola stres juga bisa membantu mengatasi breakout.

Jika masalah berkepanjangan, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Penasaran cara mengatasi wajah breakout? Simak selengkapnya di sini.

Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Breakout

Cara mengatasi wajah breakout dapat diterapkan dengan beberapa langkah, seperti:

1. Menjaga kebersihan wajah

Cuci muka rutin 2 kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur. Pastikan sobat Fabella menggunakan pembersih wajah yang lembut dan cocok untuk kulitmu.  Jangan lupa ganti handuk cuci muka secara teratur, idealnya setiap 2-3 hari.

2. Perhatikan produk skincare yang kamu gunakan

Cara mengatasi wajah breakout selanjutnya, kurangi penggunaan makeup untuk sementara, terutama yang mengandung minyak. Pilih produk skincare non-comedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori. Untuk mengobati jerawat, cari produk yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, atau retinoid.

3. Menjalankan pola hidup sehat

Minum air putih minimal 2 liter sehari. Kurangi konsumsi makanan berminyak, manis, dan olahan. Sobat Fabella juga harus Kelola stres dengan baik.

Baca juga:  Treatment Wajah Agar Glowing? Cek Tipsnya!

4. Mencoba pengobatan alami

Beberapa bahan alami seperti lidah buaya atau tea tree oil bisa membantu meredakan peradangan jerawat.  Namun, pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu.

5. Konsultasi dokter kulit

Cara mengatasi wajah breakout selanjutnya, apabila breakout-mu parah, atau tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter Fabella Beauty Clinic biasanya bisa memberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi kulitmu.

Pastikan sobat Fabella tidak memencet jerawat karena bisa menyebabkan infeksi dan bekas jerawat. Hindari juga menyentuh wajah terlalu sering. Gunakan pelindung matahari setiap hari, meskipun cuaca sedang mendung.

Apa Penyebab Wajah Breakout

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan wajah breakout, di antaranya:

  1. Perubahan hormon: penyebab utamanya adalah perubahan hormon, terutama testosteron, bisa meningkatkan produksi minyak dan menyumbat pori-pori, yang menyebabkan jerawat. Hal ini sering terjadi pada remaja, wanita hamil, dan wanita yang sedang menstruasi.
  2. Stres: Ketika stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol yang bisa meningkatkan produksi minyak dan memperlambat proses regenerasi kulit. Hal ini bisa membuat kulit lebih rentan terhadap breakout.
  3. Kurang tidur: Kurang tidur bisa mengganggu keseimbangan hormon dan meningkatkan peradangan, yang bisa memperburuk jerawat. Ada kala memahami penyebab bisa menjalankan cara mengatasi wajah breakout semaksimal mungkin.
  4. Genetik: Jika orang tua sobat Fabella memiliki jerawat, Anda lebih berisiko untuk memilikinya juga.
  5. Produk perawatan kulit: Produk yang terlalu keras atau menyumbat pori-pori bisa menyebabkan breakout. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  6. Kosmetik: Kosmetik yang menyumbat pori-pori (comedogenic) bisa menyebabkan breakout. Pilihlah kosmetik yang non-comedogenic dan oil-free.
  7. Polusi: Polusi udara bisa menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori, yang menyebabkan breakout.
  8. Cuaca: Cuaca panas dan lembab bisa meningkatkan produksi minyak dan membuat kulit lebih berkeringat, tentunya akan memperburuk jerawat.
  9. Makanan: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan bisa meningkatkan risiko jerawat.
Baca juga:  Apakah Jerawat Boleh Dipencet? Dan Apa Efek Sampingnya?

Bagaimana Tips Mencegah Breakout

Berikut beberapa tips untuk mencegah breakout yang bisa kamu pelajari sebaik mungkin.

  • Selalu menjaga kebersihan wajah: Cuci muka dua kali sehari dengan sabun pembersih yang lembut.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah produk yang non-comedogenic dan oil-free.
  • Hindari menyentuh wajah: Tangan Anda bisa membawa bakteri yang menyebabkan jerawat.
  • Kelola stres: Temukan cara untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau olahraga.
  • Pastikan konsumsi makanan yang sehat: Konsumsi banyak buah, sayur, dan protein.
  • Minum air putih yang cukup: Air putih membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Jika sobat Fabella mengalami breakout yang parah, konsultasikan dengan dokter kulit di Depok untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Bagaimana sudah paham mengenai cara mengatasi wajah breakout?

Treatment Untuk Mengatasi Breakout

Prosedur medis untuk mengatasi breakout dapat berupa beberapa metode, seperti:

  • Cuci muka dua kali sehari dengan facial wash yang lembut: Pilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulit sobat Fabella dan bersihkan dengan lembut tanpa menggosok.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan seperti asam salisilat, benzoil peroksida, atau asam glikolat: Bahan-bahan ini bisa membantu membersihkan pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Kompres dingin ke area yang terkena selama 10-15 menit beberapa kali sehari: Langkah ini bisa membantu mengurangi peradangan dan bengkak.
  • Perawatan di Fabella Beauty Clinic: apabila jerawat sobat Fabella parah, mungkin perlu menemui dokter kulit untuk perawatan dan melakukan treatment. Hal ini termasuk pemberian antibiotik oral, retinoid topikal, atau perawatan hormonal. Perawatan profesional lainnya yang bisa membantu mengatasi jerawat antara lain terapi cahaya, dan chemical peel.

Untuk mengatasi breakout, perlu dilakukan penanganan seperti membersihkan wajah secara rutin, hindari pemakaian produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan mengelola stres.

Baca juga:  Klinik Laser Wajah di Depok: Atasi kulit Kendur Disini!

Jika breakout tidak membaik setelah 6 minggu atau jika ada kondisi kulit lainnya, segera pergi ke Fabella Beauty Clinic, dokter akan mengatasi masalah secepatnya.

Itu dia beberapa informasi cara mengatasi wajah breakout yang bisa sobat Fabella pelajari, jika ingin informasi lebih detail, chat admin customer care kami sekarang.

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll