Artikel

Cara Mencegah Kerutan Mata dan Rekomendasi Perawatan di Klinik

cara mencegah kerutan mata

Banyak cara mencegah kerutan mata, mulai dari hidup sehat, menggunakan produk, dan melakukan treatment, cek selengkapnya di bawah ini!

Kerutan di bawah mata dikenal sebagai garis-garis halus atau kantung mata, merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Penyebab kerutan di bawah mata mirip dengan penyebab kerutan di sekitar mata pada umumnya.

Untuk cara mencegah kerutan mata, dikenal sebagai garis-garis halus atau kantung mata. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah perawatan kulit dan gaya hidup berikut.

Cara Mencegah Kerutan Mata

1. Gunakan Krim Mata

Cara mencegah kerutan mata yang pertama, gunakan krim yang dirancang khusus untuk merawat area di sekitar mata. Krim mata bisa membantu melembabkan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

2. Kenakan Kacamata Hitam

Saat berada di luar ruangan, kenakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan UV. Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa menyebabkan kerutan dan merusak kulit di sekitar mata.

3. Hindari Merokok

Merokok bisa mempercepat proses penuaan kulit, termasuk munculnya kerutan di sekitar mata. Hindari merokok atau paparan asap rokok untuk menjaga kulit tetap sehat.

4. Hindari Paparan Matahari Berlebihan

Cara mencegah kerutan mata selanjutnya, melindungi kulit di sekitar mata dari paparan sinar matahari langsung. Kamu bisa menggunakan topi atau menggunakan tabir surya di bawah matahari.

Baca juga:  Vitamin E Untuk Kulit Wajah: Manfaat, Produk, dan Treatment

5. Perbanyak Konsumsi Air

Pastikan minum cukup air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi cenderung lebih kenyal dan tidak rentan terhadap kerutan.

6. Tidur Cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur bisa menyebabkan mata menjadi lelah dan memperburuk penampilan garis-garis halus dan kantung mata.

7. Jaga Pola Makan Sehat

Cara mencegah kerutan mata selanjutnya, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral penting untuk kesehatan kulit. Buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa membantu menjaga kulit tetap sehat.

8. Hindari Gesekan Berlebihan

Hindari menggosok atau menggaruk area di sekitar mata secara berlebihan, karena hal ini bisa merusak kulit dan memperburuk munculnya kerutan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa membantu mencegah atau mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata, sekaligus menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Bagaimana sudah paham mengenai cara mencegah kerutan mata?

Faktor Penyebab Kerutan Mata

Ada beberapa faktor khusus yang bisa menyebabkan kerutan di area ini:

  • Penuaan kulit: Salah satu penyebab utama kerutan di bawah mata adalah proses penuaan alami. Seiring bertambahnya usia, kulit di bawah mata kehilangan elastisitas dan kelembaban. Sehingga rentan terhadap pembentukan garis-garis halus dan kerutan.
  • Genetik: Faktor genetik bisa memainkan peran dalam munculnya kerutan di bawah mata. Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kerutan di area ini, mungkin memiliki kecenderungan untuk mengembangkannya.
  • Waktu tidur kurang berkualitas: Kurangnya tidur atau waktu tidur tidak berkualitas bisa menyebabkan kulit di bawah mata menjadi kusam, bengkak, dan rentan terhadap munculnya kerutan.
  • Paparan matahari dan polusi: Paparan sinar matahari dan polusi lingkungan bisa merusak kolagen dan serat elastin dalam kulit di bawah mata. Tentunya bisa mempercepat proses penuaan dan menyebabkan munculnya kerutan.
  • Merokok: Merokok bisa merusak kolagen dan elastin dalam kulit serta menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini bisa mengganggu aliran darah ke kulit di bawah mata dan menyebabkan kerutan.
  • Dehidrasi: Kurangnya hidrasi bisa membuat kulit kering dan kehilangan kekenyalannya, sehingga rentan terhadap pembentukan kerutan.
  • Ekspresi wajah yang berulang: Gerakan ekspresi wajah yang berulang, seperti mengernyitkan mata atau berkedip, bisa menyebabkan pembentukan garis-garis halus di sekitar mata, termasuk di bawah mata.
Baca juga:  Cara Menghilangkan Mata Panda: Look Lebih Fresh!

Treatment Untuk Kerutan Mata

cara mencegah kerutan mata dan prosedurnya
Source: Pinterest

Ada beberapa treatment yang bisa membantu mengurangi tampilan kerutan di sekitar mata. Berikut beberapa pilihan treatment yang umum digunakan:

1. Perawatan Botox

Botox adalah perawatan yang umum digunakan untuk mengurangi kerutan di sekitar mata dan wajah. Botox bekerja dengan menghambat kontraksi otot di area yang diobati, sehingga membuat kulit tampak lebih halus dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

2. Perawatan Filler

Filler digunakan untuk mengisi volume di area yang kehilangan elastisitas, seperti di sekitar mata. Filler bisa membantu mengurangi penampilan kantung mata, mengisi kerutan, memberikan tampilan lebih muda dan segar. Cara mencegah kerutan mata satu ini bisa kamu lakukan di Fabella Beauty Clinic.

3. Laser Resurfacing

Laser resurfacing menggunakan teknologi laser untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak dan merangsang produksi kolagen baru. Ini bisa membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan tekstur kulit di sekitar mata.

4. Chemical Peel

Chemical peel menggunakan campuran bahan kimia untuk mengelupas lapisan atas kulit, dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Hal ini bisa membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan penampilan kulit di sekitar mata.

5. Perawatan Topikal

Beberapa produk perawatan kulit topikal mengandung bahan aktif seperti retinol, asam hialuronat, atau peptida yang bisa membantu mengurangi penampilan kerutan di sekitar mata.

Produk-produk ini biasanya harus digunakan secara teratur untuk hasil yang optimal. Cara mencegah kerutan mata ini bisa mengatasi masalahmu, yuk konsultasi dengan dokter Klinik Kecantikan Terbaik Depok.

6. Perawatan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur non-invasif yang menggunakan kristal kecil atau alat khusus untuk mengangkat lapisan kulit yang mati. Hal ini bisa membantu mengurangi penampilan kerutan dan meningkatkan tekstur kulit di sekitar mata.

Baca juga:  Bahaya Sinar UV Bagi Kulit, Cek Cara Mengatasinya!

Untuk mengurangi tampilan kerutan di bawah mata, kamu bisa mencoba menggunakan krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, asam hialuronat, atau peptida.

Selain itu, penting untuk menjaga gaya hidup sehat dengan tidur yang cukup, mengonsumsi air yang cukup, menghindari merokok, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Jika kerutan di bawah mata menjadi perhatian serius bagi kamu, konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Sebelum memilih treatment yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan Dokter Fabella Beauty Clinic untuk menentukan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit dan kebutuhanmu.

Bagaimana sudah paham mengenai cara mencegah kerutan mata dan treatment yang bisa kamu jalankan? Yuk konsultasi online dengan tim medis kami.

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll