Treatment Laser CO2 Fractional: Cek Prosedur, dan Manfaatnya

Berencana treatment laser CO2 Fractional untuk menyembunyikan garis kerutan di wajah? Yuk konsultasi dengan dokter ahli kami!

Treatment laser CO2 Fractional biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit. Cara ini bisa digunakan untuk mengobati kanker kulit stadium awal. 

Namun, treatment laser CO2 harus dilakukan oleh dokter profesional yang berkualifikasi untuk menghindari potensi efek samping yang muncul. Laser CO2 menggunakan sinar laser dan gas karbon dioksida untuk memperbaiki tekstur dan tampilan kulit. 

Perawatan kulit ini termasuk dalam kelompok laser ablatif, yang bisa mengikis lapisan terluar kulit serta bagian lapisan di dalamnya, sehingga mendorong pembentukan kolagen.

Prosedur Treatment Laser Co2 Fractional

Treatment laser CO2 Fractional harus dilakukan oleh dokter kulit atau spesialis kecantikan yang terampil untuk memastikan keamanan pasien. Sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan memeriksa kulitmu terlebih dahulu.

Sebelum melakukan treatment laser CO2 Fractional, dokter akan memberikan banyak anjuran, beberapa diantaranya:

  • Untuk mempersiapkan treatment laser CO2, hindari sinar matahari langsung selama minimal 4 minggu dan hindari obat-obatan yang menyebabkan kemerahan pada kulit (contohnya doksisiklin) selama 3 hari. 
  • Hentikan penggunaan perawatan kulit yang mengandung bahan kimia anti penuaan atau pengelupas kulit, seperti retinol dan asam salisilat, setidaknya 20 hari sebelum prosedur.
  • Berhenti merokok selama dua minggu sebelum dan setelah perawatan untuk memaksimalkan efektivitas laser CO2.
  • Jika kamu memiliki riwayat penyakit herpes, minumlah obat antivirus beberapa hari sebelum dan setelah prosedur treatment laser CO2 Fractional.
  • Hindari penggunaan makeup pada hari dimana kamu akan menjalani laser CO2.

Jika petunjuk ini sudah diikuti dan kulitmu dianggap cocok untuk treatment laser CO2, dokter akan memberikan krim anestesi pada area kulit yang akan terkena sinar laser. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit saat kulit terkena laser karbon dioksida.

Setelah anestesi, kulit akan dibersihkan untuk menghilangkan minyak, kotoran, atau bakteri berlebih. Ketika kulit sudah bersih sepenuhnya, dokter akan menggunakan laser CO2 yang sudah disiapkan sebelumnya untuk menerangi wajah.

Prosedur laser CO2 memakan waktu 30-45 menit jika hanya sebagian kulit wajah yang terkena laser. Jika dioleskan ke seluruh wajah, terapinya akan berjalan lebih lama, mungkin 1-2 jam.

Setelah treatment laser CO2 Fractional, dokter akan memberikan salep atau krim untuk meredakan nyeri atau panas yang mungkin timbul.

Manfaat Treatment Laser CO2 

1. Mengurangi tampilan kantung mata yang kendur

Treatment laser CO2 Fractional bisa membantu mengencangkan kulit sehingga mengurangi munculnya kantung mata yang kendur. 

Untuk menjamin manfaatnya dalam jangka panjang, kamu harus merawat area tersebut dengan baik, seperti menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk area mata. 

Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan kimia seperti Retinol, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, Antioksidan, dan kafein yang berguna dalam mengurangi kantung mata.

2. Sembunyikan garis kerutan

Laser CO2 bisa meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah, termasuk di sekitar mata, dahi, dan garis tawa. 

Keuntungan ini bisa dicapai karena laser CO2 merangsang pembentukan kolagen di kulit. Kolagen adalah protein yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembab.

3. Mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari

Sinar matahari bisa membahayakan kulit, bahkan menimbulkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kendur, kulit kering dan kasar, serta bercak hitam di wajah. Treatment laser CO2 bisa secara efektif meminimalkan munculnya kerusakan kulit.

Selain laser CO2, Laser Erbium dan pengelupasan kimiawi bisa digunakan untuk merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari.

4. Mengurangi bekas jerawat

Treatment laser CO2 Fractional mungkin bisa membantu menghilangkan bekas jerawat di wajah. 

Manfaat ini diperoleh karena laser CO2 bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, mendorong perkembangan sel-sel kulit baru, sehingga bekas jerawat berkurang seiring berjalannya waktu. 

Selain itu, kemampuan CO2 dalam mengurangi bekas jerawat juga disebabkan oleh kemampuannya meningkatkan pembentukan kolagen sehingga menghasilkan kulit lebih halus dan kencang.

5. Menghilangkan kutil di wajah

Jika pengobatan oles tidak efektif dalam mengobati kutil, treatment laser CO2 mungkin disarankan. Laser CO2 bisa membasmi kutil di wajah karena menghilangkan lapisan atas kulit, termasuk lapisan yang ada kutilnya.

Efek Samping Laser Co2 

Manfaat laser CO2 sangat banyak, namun kamu harus menyadari bahwa prosedur ini memiliki efek samping dan mungkin menyebabkan komplikasi.

Kemungkinan efek samping termasuk perubahan warna kulit, kemerahan, bengkak, gatal, kering, dan mengelupas. Namun, dokter sering kali meresepkan obat untuk meringankan gejala ini.

Sedangkan akibat treatment laser CO2 Fractional antara lain infeksi, munculnya jerawat, terbentuknya jaringan parut, milia, perubahan warna kulit di area laser menjadi lebih gelap, dan kulit terbakar.

Masalah ini lebih mungkin terjadi jika area kulit yang terkena sinar laser berukuran besar dan dalam. Selain itu, risiko masalah meningkat jika persiapan matang sebelum perawatan tidak dilakukan.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari treatment laser CO2, ulangi prosedur ini 4-6 kali. Hal ini bisa dilakukan setiap 6-12 bulan sekali, tergantung seberapa baik kulit sudah pulih dari operasi sebelumnya.

Jika laser CO2 tidak memberikan hasil yang berarti pada kulitmu, dokter biasanya akan menyarankan perawatan laser wajah atau terapi kulit lainnya yang disesuaikan dengan kondisi kulit spesifik kamu.

Jika kamu berencana ingin melakukan treatment laser CO2 Fractional, sekarang adalah momen yang tepat untuk konsultasi online bersama dokter atau tenaga medis Fabella Beauty Clinic, gratis seluruh Indonesia.

Treatment Laser Co2 Fractional

Rp