Artikel

Bahaya Penggunaan Cream Racikan Tanpa Resep Dokter

bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter

Bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter tentu akan membahayakan kulit, seperti berjerawat, teriritasi dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Dibutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan wajah cantik dan cerah. Namun, tidak banyak wanita yang bisa menoleransi kondisi fisik yang mereka anggap tidak menarik ini. Akhirnya para wanita yang mementingkan kecantikan justru menggunakan jalan pintas. Cara yang kerap terjadi adalah dengan menggunakan krim racikan palsu tanpa resep dokter.

Bahaya Penggunaan Cream Racikan Tanpa Resep Dokter

Memang benar, menggunakan krim racikan bisa mendapatkan wajah putih bersinar tanpa harus menunggu terlalu lama. Namun, apakah mereka mempertimbangkan dampak negatif dari krim tersebut? Berikut bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter:

1. Wajah Memerah Seperti Kepiting Rebus

Krim palsu selalu menjanjikan wajah putih seketika. Jika kamu rutin menggunakan krim racikan jenis ini, tentu lambat laun akan membahayakan kulit. Bahkan saat terkena sinar matahari, kulit wajah akan merah seperti kepiting rebus. Jika digunakan berulang kali, wajah akan terinfeksi.

2. Menyebabkan Ketergantungan

Bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter selanjutnya adalah dapat menyebabkan ketergantungan. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan ketergantungan?

Dimana ketika kamu sering menggunakan krim racikan dan kemudian menghentikan penggunaan krim tersebut, tentu akan menimbulkan munculnya masalah kulit.

Karena krim racikan mengandung banyak bahan berbahaya, hal ini sering kali menimbulkan bercak hitam atau jerawat membandel. Jika hal ini terus menerus kamu lakukan, pastinya akan semakin membahayakan kondisi kulitmu.

Baca juga:  Klinik Terbaik di Depok: Perawatan Body Slimming, Cek Tips-nya!

3. Wajah Menjadi Putih Pucat

Menggunakan krim racikan palsu bisa dengan cepat memutihkan wajah. Namun jika diperhatikan, wajah putih yang kamu terima tidak sealami yang seharusnya. Faktanya, wajah akan menjadi putih pucat dan tampak sangat berbeda dari leher. Hal ini justru akan membuat kamu merasa kurang percaya diri.

4. Kulit Wajah Menjadi Sensitif

Bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter selanjutnya adalah kulit yang sebelumnya normal bisa menjadi sangat sensitif. Kategori sensitif menandakan kulit menjadi rentan berjerawat, meradang, bahkan mengelupas. Menakutkan bukan? Jadi sebaiknya kamu lebih berhati-hati ya? Sebaiknya berhenti menggunakan krim racikan palsu sekarang!

5. Munculnya Sel Kanker dalam Tubuh

Dampak negatif yang paling serius dari penggunaan krim racikan ini adalah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh, yang mungkin dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita. Jadi penyebabnya adalah konsentrasi merkuri pada krim tersebut.

Berikut Bahan Berbahaya Pada Cream Racikan Palsu

Berikut ini adalah beberapa bahan berbahaya yang biasanya terdapat di dalam kosmetik atau produk kecantikan wajah, diantaranya:

1. Merkuri

Merkuri menghambat sintesis melanin sehingga menyebabkan kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Inilah sebabnya mengapa merkuri sering digunakan sebagai komponen lotion pemutih atau pencerah kulit.

Bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti:

  • Mudah iritasi
  • Tremor (gemetaran)
  • Kerusakan ginjal
  • Gangguan psikologis, seperti cemas dan susah tidur.

Lalu pada wanita hamil dan ibu menyusui, paparan merkuri dapat menyebabkan kelainan bawaan dan gangguan perkembangan otak pada bayi.

2. Asam retinoat

Asam retinoat efektif membersihkan pori-pori, mengatasi jerawat dan bekas jerawat, serta mengurangi kerutan. Namun, asam retinoat dapat menyebabkan iritasi kulit, kekeringan, sensitivitas terhadap sinar UV, perubahan warna, pembengkakan, dan kemerahan.

Baca juga:  Tempat Perawatan Wajah Terbaik Depok: Ozone Therapy For Wellness!

Selain itu, janin dalam kandungan yang terpapar bahan ini berisiko mengalami kelainan bawaan, sedangkan bayi berisiko mengalami kelainan pada saraf, tulang, otot, sendi, dan sistem pencernaan. Itu sebabnya penggunaan produk yang mengandung asam retinoat memerlukan pengawasan medis dan resep dokter.

3. Hydroquinone

    Kandungan Hydroquinone umumnya digunakan untuk mencerahkan kulit dan menyembunyikan bintik hitam. Namun, penggunaan hidrokuinon dalam krim wajah mungkin membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari.

    Bahaya menggunakan cream racikan tanpa resep dokter juga dapat menyebabkan rasa perih, kemerahan, kering, kulit pecah-pecah, melepuh, atau menghitam. Hidrokuinon juga dapat menyebabkan respons alergi yang serius, termasuk sakit kepala, ruam, gatal-gatal, pembengkakan pada wajah dan leher, serta kesulitan bernapas.

    4. Resorsinol

    Kandungan Resorcinol bermanfaat untuk mengatasi nyeri dan gatal akibat gigitan serangga, tanaman beracun, luka bakar, sengatan matahari, dan iritasi kulit.

    Resorcinol juga sering digunakan untuk mengatasi kondisi kulit seperti eksim, kutil, psoriasis, dan kapalan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, bahan kimia ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, antara lain:

    • Sakit kepala
    • Mudah lelah
    • Kulit kebiruan
    • Detak jantung tidak beraturan
    • Kejang
    • Sesak nafas

    Untuk menghindari efek berbahaya dari bahan krim, pilih dan gunakan kosmetik yang tersedia secara umum. Jangan tergiur dengan produk kecantikan yang harganya murah. Pastikan produk kosmetik tersebut memiliki izin edar dari BPOM.

    Terlepas dari hal itu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kulit di Fabella Beauty Clinic sebelum menggunakan krim wajah apapun. Dokter mungkin akan menyarankan jenis krim yang cocok, sesuai dengan kondisi kulit.

    Lalu bila bahaya penggunaan cream racikan tanpa resep dokter terjadi padamu, kamu bisa mengatasinya dengan treatment khusus seperti detox, peeling dll, semoga membantu.

    Baca juga:  Rekomendasi Tempat Perawatan Wajah yang Aman dan Hygiene

    Kategori :

    Artikel
    Share This :

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Recent Post

    Contact Us

    Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

    • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
    • Konsultasi Treatment/ perawatan
    • Reservasi online
    • Dll