Artikel

Apa Akibat Tidak Menggunakan Sunscreen dan Pelembab Bagi Wajah

apa akibat tidak menggunakan sunscreen dan pelambab bagi wajah

Apa akibat tidak menggunakan sunscreen dan pelembab bagi wajah tentu sangat bergam, mulai dari warna kulit yang tidak merata hingga menimbulkan jerawat, yuk baca selengkapnya dibawah ini!

Seperti yang kita tahu, sunscreen merupakan perawatan kulit yang melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari. Tahukah kamu, tabir surya membantu menurunkan risiko kanker kulit selain mencegah sengatan matahari dan indikator penuaan dini seperti kerutan dan kulit kasar. Lalu apa dampak jika tidak rutin menggunakan tabir surya?

Apa Akibat Tidak Menggunakan Sunscreen dan Pelembab Bagi Wajah

Mengingat perannya yang begitu penting, kamu harus mewaspadai dampak penggunaan tabir surya yang tidak teratur. Diantaranya adalah:

1. Tanda-Tanda Penuaan

Sinar UV dapat merusak kolagen dan jaringan ikat kulit jika kamu tidak menggunakan tabir surya secara rutin. Akibatnya, kulit menjadi kurang elastis, lebih cepat keriput, dan lebih cepat menua. Menggunakan tabir surya secara rutin dapat membantu menghindari gejala penuaan, membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.

2. Flek Hitam

Apa akibat tidak menggunakan sunscreen dan pelembab bagi wajah selanjutnya adalah munculnya flek hitam. Flek hitam biasanya mulai muncul pada wanita diatas 40 tahun. Namun, jika kamu tidak sering memakai tabir surya, flek hitam bisa lebih cepat terbentuk.

Ini karena melanin, atau pigmen, pada kulit dapat meningkat akibat radiasi UV. Sebagai akibatnya, daerah kulit tertentu yang menghasilkan lebih banyak melanin menjadi lebih gelap dan menimbulkan flek hitam.

Baca juga:  Rekomendasi Klinik Kecantikan Untuk Anti Aging dan Slimming

3. Munculnya Kemerahan Pada Kulit

Saat terkena sinar UV yang berbahaya, jaringan kulit bisa menjadi merah. Ini juga mengindikasikan peradangan, yang merupakan fase penyembuhan normal pada kulit yang rusak akibat sinar matahari. Selain melindungi kulit dari radiasi UV, memakai tabir surya dan pelembab setiap hari juga membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan.

4. Munculnya Jerawat

Apa akibat tidak menggunakan sunscreen dan pelembab bagi wajah selanjutnya adalah jerawat. Untuk itu, kamu harus selalu mengoleskan tabir surya di dalam ruangan dan juga di luar ruangan. Ini karena jendela kaca rentan terhadap radiasi UV! Maka dari itu, meskipun kamu hanya di rumah atau di dalam mobil, penggunaan tabir surya sangatlah penting.

Untuk menghindari jerawat, kamu juga harus menggunakan tabir surya. Pasalnya, zinc oksida yang menjadi salah satu bahan tabir surya memiliki beberapa manfaat untuk mengatasi jerawat, termasuk mengurangi peradangan kulit yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Jadi jangan disepelekan, ingatlah untuk selalu menggunakan tabir surya, yang berperan penting dalam menghindari kerusakan kulit.

5. Kerusakan Pembuluh Darah

Apa akibat tidak menggunakan sunscreen selanjutnya adalah kerusakan pembuluh darah. Seperti yang kita tahu, ujung pembuluh darah di bawah jaringan kulit dapat mengalami kerusakan akibat radiasi UV. Akibatnya pembuluh darah akan rusak, dan kulit akan timbul bercak merah dan jerawat.

Paparan sinar matahari langsung dapat semakin memperburuk kerusakan kapiler dan merusak kolagen kulit. Karena tabir surya melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat sinar UV, sehingga dapat membantu mencegah pelebaran pembuluh darah.

6. Kulit Jadi Kering

Kulit yang terkena sinar matahari langsung kehilangan hidrasi dan minyak alami. Apa akibat tidak menggunakan sunscreen dan pelembab bagi wajah yaitu kulit menjadi kering dan kasar, yang akhirnya menyebabkan dehidrasi.

Baca juga:  Infuse Whitening di Klinik Aesthetic Depok

Stratum korneum pada kulit memiliki kandungan air yang lebih tinggi ketika tabir surya diaplikasikan, sehingga membuat kulit terasa lebih terhidrasi.

7. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sinar UV adalah salah satu dari banyak bentuk radiasi dari matahari. Meskipun sinar UV merupakan sumber panas dan cahaya yang penting bagi kehidupan di bumi, sinar UV berbahaya bagi kesehatan manusia. Salah satunya menghambat sistem kekebalan tubuh, yang dimaksudkan untuk mendeteksi dan menyerang sel-sel ganas.

Selain itu, radiasi UV dapat mengubah distribusi dan aktivitas beberapa sel imun di kulit. Peningkatan aktivitas sel T dan sitokin disebabkan oleh sinar UV, dan efek ini dapat menekan respon imunologi kulit.

8. Muncul Spider Veins 

Pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit juga mungkin terkena dampak buruk akibat menurunnya kadar kolagen dalam tubuh. Tubuh akan melebarkan dan mengangkat pembuluh darah superfisial ke permukaan sebagai upaya menurunkan suhu tubuh saat terkena radiasi UV dan menyebabkan kulit menjadi panas.

Apa akibat tidak menggunakan sunscreen adalah munculnya spider vein, atau pembuluh darah yang terlihat seperti sarang laba-laba terutama di bagian hidung atau pipi. 

9. Sensitivitas Kulit Meningkat

Sinar UV dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Akibatnya, kulit menjadi merah sehingga lebih rentan terhadap beberapa masalah kulit termasuk jerawat dan komedo.

10. Kulit Hiperpigmentasi

Pigmen yang memberi warna pada kulit yaitu melanin, dapat diproduksi dalam jumlah lebih banyak bila terkena radiasi UV. Hal ini dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, biasanya pada tangan, wajah, dan punggung.

11. Keratosis Aktinik 

Jerawat kecil berwarna merah muda, merah, kuning, atau kecoklatan yang tidak dapat hilang karena paparan radiasi UV terus-menerus pada kulit dikenal sebagai keratosis aktinik.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Mata Panda: Look Lebih Fresh!

Apa akibat tidak menggunakan sunscreen dan pelembab bagi wajah adalah beberapa hal diatas, namun kabar baiknya bisa diatasi dengan berbagai treatment di Febella Beauty Clinic yang langsung ditangani oleh dokter profesional, yuk reservasi sekarang!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll