Artikel

Perbedaan Melasma dan Flek Hitam: Cek Cara Mengatasinya!

perbedaan melasma dan flek hitam

Perbedaan Melasma dan Flek hitam terletak pada penyebab, penampilan, pola, kedalaman, dan penyebarannya. Melasma disebabkan oleh peningkatan produksi melanin akibat perubahan hormon atau paparan sinar matahari berlebih.

Muncul sebagai noda coklat gelap yang menyebar di wajah dengan pola simetris, melibatkan lapisan epidermis dan dermis kulit. Sebaliknya, flek hitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti luka, paparan sinar matahari, atau kondisi medis tertentu.

Muncul sebagai bercak kecil terlokalisir dengan pola tidak simetris, dan biasanya hanya terjadi di lapisan epidermis. Melasma lebih sulit diobati dan membutuhkan perawatan medis yang konsisten.

Sedangkan flek hitam bisa diatasi dengan perawatan topikal atau prosedur penghilangan flek yang lebih sederhana.

Perbedaan Melasma dan Flek Hitam

Jadi, perbedaan Melasma dan Flek hitam adalah dua kondisi yang sering disalah artikan sebagai satu sama lain.

Meskipun keduanya menyebabkan perubahan warna pada kulit, terdapat beberapa perbedaan penting di antara keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara melasma dan flek hitam:

1. Penyebab

  • Melasma: Disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk paparan sinar matahari, perubahan hormon, dan faktor genetik. Lebih sering terjadi pada wanita hamil, wanita yang menggunakan pil KB, dan orang dengan kulit berwarna.
  • Flek hitam: Disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, faktor umur, bekas jerawat, dan peradangan.

2. Penampilan

  • Melasma: Bercak berwarna coklat atau abu-abu yang biasanya muncul di wajah, terutama di dahi, pipi, dan dagu. Bercak melasma seringkali simetris.
  • Flek hitam: Bintik-bintik kecil berwarna coklat atau hitam yang muncul di berbagai area tubuh, termasuk wajah, tangan, dan dada.
Baca juga:  Tempat Perawatan Wajah Terbaik Depok: Ozone Therapy For Wellness!

3. Pengobatan

  • Melasma: Pengobatan melasma bisa sulit dan membutuhkan kombinasi beberapa metode, seperti sunscreen, krim topikal, obat oral, dan terapi laser.
  • Flek hitam: Pengobatan flek hitam tergantung pada penyebabnya. Pilihan pengobatannya termasuk krim topikal, chemical peeling, dan terapi laser.

Penyebab Munculnya Melasma Dan Flek Hitam

Penyebab melasma dan flek hitam di wajah berbeda, cek selengkapnya di bawah ini.

1. Melasma

Aktivasi melanosit yang berlebihan akibat hormon estrogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin saat kulit terkena sinar matahari.

Kondisi yang biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil, mengkonsumsi pil KB, atau menjalani terapi hormon. Melasma dapat memudar sendiri saat wanita selesai hamil atau berhenti konsumsi pil KB. Pastikan kamu memahami perbedaan Melasma dan Flek hitam sebaik mungkin.

2. Flek Hitam

Bintik-bintik penuaan atau age spot adalah jenis hiperpigmentasi yang dianggap sebagai tanda penuaan dan berkurangnya kemampuan kulit untuk mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Bintik-bintik ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia 40-an. Perbedaan Melasma dan Flek hitam adalah pada waktu perawatan. Melasma lebih memerlukan perawatan jangka panjang, sementara flek hitam lebih responsif terhadap perawatan.

Cara Mengatasi Melasma dan Flek Hitam

Melasma dan flek hitam merupakan masalah kulit yang umum dihadapi banyak orang, terutama wanita. Berikut beberapa pilihan treatment untuk mengatasinya:

1. Pengobatan Topikal

  • Obat oles: Dokter akan meresepkan obat oles yang mengandung hydroquinone, tretinoin, tranexamic acid, kortikosteroid, atau vitamin C. Obat-obatan ini berfungsi untuk mencerahkan dan memudarkan bercak kecoklatan pada kulit.
  • Krim pencerah wajah: Krim yang mengandung hydroquinone, retinoid, vitamin C, atau kojic acid bisa membantu mencerahkan flek hitam dan meratakan warna kulit. Langkah pertama, pastikan kamu mempelajari perbedaan Melasma dan Flek hitam terlebih dahulu
Baca juga:  Biaya Laser Wajah di Depok dan Manfaatnya!

2. Prosedur Medis

  • Mikrodermabrasi: Prosedur ini menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
  • Chemical peeling: Prosedur ini menggunakan larutan kimia untuk mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
  • Perawatan laser: Terapi laser dapat dilakukan untuk menyamarkan bercak-bercak kecoklatan dengan cara merangsang pembentukan sel-sel kulit baru.
  • Terapi LED: Terapi cahaya menggunakan sinar LED untuk membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.
  • Dermabrasi: Prosedur ini menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan atas kulit.

3. Proses Pengobatan Alami

  • Menggunakan Lidah buaya: Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.
  • Teh hijau: Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.
  • Kunyit: Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam. Pastikan sobat Fabella memahami perbedaan Melasma dan Flek hitam terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mencegah Melasma Dan Flek Hitam?

  1. Menggunakan sunscreen secara rutin: Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, meskipun cuaca mendung.
  2. Hindari paparan sinar matahari: Hindari paparan sinar matahari langsung, terutama pada jam 10 pagi hingga 4 sore.
  3. Menggunakan topi dan kacamata hitam: Gunakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari.
  4. Selalu menjaga pola makan: Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran.

Konsultasikan dengan dokter Fabella Beauty Clinic untuk menentukan treatment yang tepat untuk mengatasi melasma dan flek hitam. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Lakukan patch test sebelum menggunakan produk baru pada kulit wajah Anda. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan keras. Bersabarlah dalam melihat hasil treatment.

Baca juga:  Penyebab Bopeng Pada Wajah dan Cara Menghilangkannya!

Itu dia informasi mengenai perbedaan Melasma dan Flek hitam yang bisa kamu pelajari, jika ingin mendapatkan informasi lebih detail, konsultasi dokter secara online sekarang, gratis!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll