Artikel

Perawatan Wajah Berjerawat Hormon Tepat dan Cepat

perawatan wajah berjerawat hormon

Perawatan wajah berjerawat hormon bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk treatment di klinik kecantikan agar bisa diatasi dengan cepat dan tepat, yuk simak selengkapnya!

Kebersihan kulit tidak terjaga bisa menyebabkan Jerawat. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya faktor. Fluktuasi atau ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan kulit berminyak atau kering. Dampaknya kulit jadi lebih rentan berjerawat. Inilah sebabnya mengapa hormon menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

3 Cara Perawatan Wajah Berjerawat Hormon

di klinik kecantikan depok terbaik, Jerawat akibat ketidakseimbangan hormonal harus ditangani dengan hati-hati agar tidak semakin parah. Adapun beberapa cara untuk mengatasi jerawat hormonal yaitu:

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Cara perawatan wajah berjerawat hormon yang pertama adalah menjaga kebersihan kulit. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hormon dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak atau kering.

Pada kondisi ini, kotoran akan lebih mudah menempel. Bakteri juga mudah berkembang biak, membuat kulit lebih sensitif dan bahkan iritasi. Oleh karena itu, kebersihan kulit sangat penting untuk mencegah timbulnya jerawat.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu harus menjaga kebersihannya dengan mencuci muka dua kali sehari. Pilih pembersih wajah yang didesain khusus untuk kulit berminyak, lalu aplikasikan toner. Toner sendiri bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Lalu untuk mereka yang memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembab sesudah membersihkan wajah. Pilih pelembab yang mengandung asam hyaluronic dan dimethicone serta bersifat non komedogenik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa memperparah jerawat.

Baca juga:  Biaya Laser Bulu Wajah dan Manfaatnya!

2. Menggunakan Obat Jerawat

Cara perawatan wajah berjerawat hormon selanjutnya adalah mengoleskan langsung ke daerah kulit yang berjerawat. Gunakan obat jerawat yang sesuai dengan jenis kulit. Perawatan kulit berminyak harus mencakup retinoid, benzoil peroksida, dan asam salisilat.

Sedangkan untuk kulit kering, hindari perawatan jerawat yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam azelaic, karena ketiga komponen tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

3. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Jika kamu sudah mencoba cara di atas dan jerawat hormonal masih berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit atau klinik kecantikan. Dokter akan meresepkan obat yang mengatur kadar hormon sehingga jerawat bisa sembuh dan tidak kambuh lagi.

Contoh obat yang dapat diberikan yaitu tablet oral kombinasi yang mengandung antiandrogen, seperti elzsa, ini bisa dibeli di apotek setempat. Obat ini baik untuk menurunkan kadar testosteron berlebih di dalam tubuh yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Untuk perawatan wajah berjerawat hormon, sebaiknya jalani pola hidup sehat dan menjaga berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Selain itu, hindari memegang atau memencet jerawat karena dapat memperparah bahkan meradang.

Jenis Hormon Penyebab Jerawat

Setelah mengetahui cara perawatan wajah berjerawat hormon diatas, selanjutnya adalah membahas jenis-jenis hormon yang menyebabkan jerawat yaitu:

1. Hormon Androgen

Peningkatan jumlah hormon androgen dapat menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan minyak berlebih di wajah. Akibatnya, pori-pori kulit bisa tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Peningkatan kadar hormon bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain masa pubertas, kehamilan, dan penggunaan obat hormonal tertentu dll.

2. Hormon Estrogen

Jerawat juga disebabkan oleh hormon yang disebut estrogen. Berbeda dengan androgen, estrogen dapat menyebabkan jerawat jika kadarnya terlalu rendah. Adapun faktor yang dapat menyebabkan penurunan kadar estrogen seperti menstruasi, perimenopause, penyakit ginjal, anoreksia, dan olahraga ekstrem.

Baca juga:  Perawatan Flek Hitam di Klinik Kecantikan Bogor

Treatment Untuk Wajah Berjerawat Hormon

Selain beberapa cara diatas, kamu juga bisa mengatasi jerawat hormon dengan treatment di Fabella Beauty Clinic. Adapun rekomendasi treatment nya seperti:

 1. Treatment Alexandrite Light

Treatment dengan metode memasukan ratusan cahaya dalam 1x tembakan, efektif mengurangi kemerahan, jerawat dan menjadikan kulit lebih cerah.

Salah satu kelebihannya, Alexandrite yaitu tidak akan melukai lapisan kulit bagian atas kalian walaupun pengerjaannya tidak memakai gel, jadi semua sinar dari alat ini dapat 100% masuk kedalam lapisan kulit secara langsung. 

2. Treatment Subsisi

Memperbaiki bopeng memerlukan treatment yang dapat merangsang produksi kolagen. Namun ketika jaringan fibrosis kulit sudah terbentuk dan menarik kulit ke bawah, maka akan membentuk cekungan ke dalam, alhasil terbentuk bopeng.

Dibutuhkan treatment yang merangsang kolagen dan melepas jaringan fibrosis dari dalam yaitu dengan tindakan bedah tanpa sayatan atau Subsisi. Subsisi yang dikombinasikan menggunakan serum Growth factor yang memaksimalkan kerja treatment sehingga kondisi bopeng lebih baik.

3. Treatment Inject Acne

Inject acne adalah prosedur medis yang digunakan untuk mengobati jerawat dengan mengecilkan peradangan pada area jerawat. Steroid ini bekerja dengan cara mengurangi produksi sebum dan mengurangi inflamasi pada jerawat.

4. Treatment Laser CO2 Fractional

Laser dengan teknologi karbondioksida yang bekerja pada target “AIR” di bawah lapisan kulit,
laser ini bekerja merangsang kolagen kulit sehingga membantu memperbaiki berbagai kondisi
kulit, seperti:

  • Memperbaiki kondisi bopeng atau scars
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Memperbaiki tampilan pori
  • Membantu meremajakan kulit

Nah, jika kamu ingin melakukan treatment diatas, kamu bisa mempercayakan ke Fabella Beauty Clinic yang langsung ditangani oleh dokter profesional dan dukungan peralatan canggih sehingga lebih aman dan nyaman.

Baca juga:  Rahasia Awet Muda Ala Artis Korea: Awet Muda dan Glowing!

Jadi tunggu apalagi? Yuk lakukan perawatan wajah berjerawat hormon dengan pola hidup sehat dan treatment masa kini, selamat mencoba!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll