Artikel

Peran Dokter Estetika untuk Perawatan Kecantikan Kulit

peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit

Peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit adalah menangani berbagai hal seputar perawatan, baik itu tubuh, wajah dan lain sebagainya, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Dokter estetika adalah dokter umum yang telah menyelesaikan pelatihan khusus dan memperoleh izin untuk melakukan prosedur estetika dan kecantikan, termasuk suntik botox, tanam benang, peeling dan masih banyak lagi.

Untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasiennya, dokter estetika sering kali bekerja sama dengan ahli bedah plastik, dokter kulit, hingga dokter gizi.

Tindakan dan Peran Dokter Estetika untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Disiplin estetika medis mencakup semua aktivitas yang dimaksudkan untuk meningkatkan penampilan fisik seseorang, dan tentu saja memperhatikan pertimbangan kesehatan. Dokter estetika dapat mendiagnosis kulit dan memberikan rekomendasi mengenai obat, kosmetik serta perawatan yang tepat.

Dokter estetika juga dapat mengatasi masalah pasien dengan berbagai perawatan medis non-invasif (yaitu tanpa operasi), tergantung pada pelatihan yang mereka terima. Beberapa prosedur tersebut meliputi:

  • Chemical peeling
  • Dermabrasi dan mikrodermabrasi
  • Facial
  • Suntik filler
  • Suntik botox
  • Perawatan IPL (intense pulsed light)
  • Perawatan laser

Waktu yang Tepat Memeriksakan Diri ke Dokter Estetika

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit, tentu berhubungan dengan wajah dan tubuh. Kamu bisa mengunjungi dokter estetika jika ingin tampil lebih baik atau mengalami salah satu masalah berikut ini:

  • Komedo dan jerawat
  • Stretch mark, selulit, atau permukaan kulit tidak rata.
  • Kulit terbakar atau warna kulit tidak merata.
  • Bintik hitam di wajah.
  • Kondisi yang berkaitan dengan usia termasuk kulit kendur atau kerutan pada wajah atau bagian tubuh lainnya.
  • Kulit kasar, berminyak, kering dan mengelupas.
  • Alergi dan iritasi kulit akibat kosmetik atau obat-obatan
Baca juga:  Pengencangan Vagina Dengan Kombinasi Teknologi RF dan Ozone

Kamu juga bisa menemui dokter estetika jika ingin menghilangkan bintik hitam pada kulit, yang biasanya disebabkan oleh penuaan (keratosis seboroik) atau rambut di area tertentu pada tubuh seperti kaki, lengan, atau kumis.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Dokter Estetika

Banyak klinik kecantikan yang menyediakan berbagai prosedur kosmetik, dari yang berisiko rendah hingga berisiko tinggi. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menemui dokter estetika, yaitu:

1. Pengalaman dan Sertifikasi Pelatihan

Sebaiknya mencari dokter estetika yang telah mendapat pelatihan khusus untuk menjamin keamanan setiap perawatan yang dilakukan. Seperti yang sudah dibahas diatas, peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit meliputi tindakan bedah dan non bedah, jadi harus berkualifikasi.

Misalnya, pilih dokter kecantikan yang terlatih dan berpengalaman jika kamu ingin suntik botox untuk menghilangkan kerutan di wajah. 

Tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan saran, serta teman dan kerabat yang pernah menjalani terapi ini. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan perawatan dari dokter estetika berkualifikasi dan terpercaya.

2. Harga Perawatan dan Prosedur

Biaya prosedur medis dan perawatan di klinik kecantikan dalam banyak kasus sangat bervariasi. Oleh karena itu, sebelum menjadwalkan pemeriksaan ke dokter, cari tahu terlebih dahulu mengenai biayanya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bertemu Dokter Estetika

Selain mengetahui peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit, kamu juga harus mengetahui beberapa hal yang harus dipersiapkan agar dokter dapat memilih perawatan secara tepat, diantaranya:

  • Catat secara detail gejala dan keluhan yang kamu alami.
  • Catat riwayat kesehatan, penyakit saat ini, hingga riwayat kesehatan keluarga, karena banyak masalah yang disebabkan oleh faktor keturunan.
  • Beri tahu dokter jika kamu memiliki alergi, stres, atau sedang hamil.
  • Bawalah hasil pemeriksaan yang pernah dijalani sebelumnya, seperti hasil tes darah.
  • Bawalah obat-obatan dan kosmetik apa pun yang sedang kamu gunakan, seperti obat bebas dan herbal.
  • Buatlah semua daftar kebiasaan, termasuk cara kamu merawat kulit, menutrisi, aktivitas sehari-hari, dan apakah kamu merokok atau minum alkohol.
Baca juga:  9 Cara Perawatan Wajah Pria Agar Tetap Bersih dan Bebas Jerawat

Ingatlah untuk bertanya secara menyeluruh kepada dokter estetika mengenai setiap prosedur terapi yang kamu terima, termasuk biaya, hasil yang diharapkan, durasi prosedur, efek samping, dan bahayanya.

Prosedur Medis yang Dilakukan Dokter Estetika

Peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit berhubungan dengan prosedur pembedahan dan non bedah. Salah satunya adalah Fabella Beauty Clinic yang menawarkan berbagai treatment terkini. Adapun prosedurnya seperti:

1. Botox

Suntikan Botox adalah teknik yang digunakan untuk meminimalkan kerutan dan garis halus di wajah. Neurotoksin disuntikkan ke kulit selama prosedur ini untuk melemahkan otot yang menyebabkan kerutan dan garis halus.

2. Filler

Filler adalah cairan yang disuntikkan ke dalam kulit untuk meningkatkan volume serta meminimalkan kerutan dan garis halus pada wajah. Biasanya, kolagen, asam hialuronat, atau poli-L-laktat digunakan untuk bahan filler.

3. Laser Toning

Laser ini digunakan untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit yang tidak merata serta menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, yang merupakan indikator penuaan. Bekas luka dan jerawat sama-sama bisa diobati dengan teknik ini.

Nah, itu dia beberapa peran dokter estetika untuk perawatan kecantikan kulit yang bisa dilakukan di Fabella Beauty Clinic, jadi tunggu apalagi? Yuk, reservasi sekarang!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll