Artikel

Penyebab Kulit Kering Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

penyebab kulit kering saat berpuasa

Penyebab kulit kering saat berpuasa bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kekurangan cairan, kurang tidur, dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

fabella beauty clinic

Jangan kaget jika vitalitas kulit sedikit menurun saat berpuasa. Misalnya kulit tampak kusam atau kering. Sebenarnya, kulit kering saat berpuasa ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.

Faktor eksternal seperti cuaca dan polusi tentu berdampak pada kesehatan kulit. Lalu secara internal, puasa mungkin mengakibatkan asupan nutrisi tidak mencukupi. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Maka untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit saat berpuasa, kita harus memperhatikan berbagai faktor. Dimulai dari makanan hingga tingkat stres, yang semuanya akan berdampak pada kondisi kulit.

Penyebab Kulit Kering Saat Berpuasa

Lalu apa saja penyebab kulit kering saat berpuasa? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini. Misalnya jadwal makan.

Perubahan jadwal makan dan jenis makanan akan berdampak pada kondisi kulit sehingga menyebabkan sel-sel mati menumpuk dan kulit tampak kusam serta kering. Nah, berikut beberapa penyebab kulit kusam dan kering saat berpuasa: 

1. Kekurangan Cairan

Saat berpuasa, banyak orang yang mengabaikan kebutuhan cairan tubuh. Tentu saja kebiasaan ini akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Seperti yang kita tahu, permasalahan kulit kering sebagian besar disebabkan oleh kurangnya cairan pada lapisan luar kulit.

Biasanya, kondisi ini menyerang kulit di lengan dan kaki. Untuk itu, pastikan kebutuhan hidrasi tubuh terpenuhi.

Baca juga:  Makanan yang Menimbulkan Jerawat: Cek Cara Mencegahnya!

2. Kurang Tidur

Penyebab kulit kering saat berpuasa selanjutnya adalah kurang tidur. Memang, banyak orang yang sulit tidur saat berpuasa. Faktanya, tidur memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan kulit. Menurut spesialis sekaligus pendiri The Sleep School yang dilansir dari Telegraph, tidur menjadi momen bagi tubuh untuk pulih dan mengeluarkan racun dari kulit.

Tak hanya itu, kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol sehingga memperparah gangguan inflamasi pada kulit. Singkatnya, kurang tidur kronis akan berdampak negatif pada kesehatan kulit.

3. Mandi Terlalu Lama

Berlama-lama di kamar mandi akan membantu tubuh terasa lebih segar. Apalagi saat cuaca sedang panas. Namun, kondisi ini bisa berdampak pada kesehatan kulit. Mandi terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit kering, apalagi jika menggunakan air panas.

Selain itu, sebaiknya mandi tidak lebih dari lima menit. Penjelasannya karena semakin lama kulit bersentuhan dengan air, maka larutan lemak akan semakin larut sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Faktanya, lemak mampu menjaga kelembaban kulit. Ketika kulit mengering, fungsinya sebagai lapisan pelindung akan terganggu. Akibatnya, sel-sel kulit menjadi rapuh sehingga kuman-kuman mudah menyerang.

4. Terlalu Banyak Makan Gorengan

Penyebab kulit kering saat berpuasa selanjutnya adalah terlalu banyak makan gorengan. Bagi sebagian orang, masakan ini menjadi “menu” wajib untuk berbuka puasa. Penting untuk diingat bahwa makanan yang digoreng akan berdampak buruk bagi kulit.

Panas sering kali menyebabkan hidrogenasi pada makanan yang digoreng. Selama proses penggorengan, pembentukan lemak menghancurkan antioksidan dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kulit dan tubuh.

Selain itu, asam lemak mendorong pembentukan radikal bebas yang menyebabkan oksidasi. Nah, proses inilah yang merugikan kulit kita. Ingatlah bahwa mengkonsumsi gorengan saat berpuasa dapat berdampak pada produksi minyak di kulit.

Baca juga:  Rahasia Awet Muda Ala Artis Korea: Awet Muda dan Glowing!

Rekomendasi Treatment Untuk Kulit Kering

Melakukan skincare rutin saja tidak cukup, kamu bisa memaksimalkannya dengan treatment di klinik kecantikan. Kabar baiknya, ada Fabella Beauty Clinic yang menawarkan berbagai perawatan terbaik dan langsung ditangani oleh dokter profesional, diantaranya adalah:

Miracle Glow Skin Booster

Treatment Miracle Glow Skin Booster adalah perawatan yang tujuannya memasukan serum dengan mengandung HA murni, Hyaluronic Acid (HA) merupakan salah satu bahan paling populer dalam skin booster.

HA dikenal karena kemampuannya menarik dan menahan air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi kulit. Penggunaan HA tidak hanya meningkatkan kelembaban kulit, tetapi juga membantu mengurangi garis halus dan membuat kulit tampak lebih muda dan segar.

Fabella Rejuran Healer

Rejuran Healer terbuat dari polinukleotida (PN), yang merupakan DNA salmon yang telah diproses agar kompatibel dengan tubuh manusia. Rejuran Healer bekerja untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi garis-garis halus, serta meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

Perawatan ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengatasi masalah kulit seperti kerusakan akibat sinar matahari, tanda-tanda penuaan.

Oxy Facial

Treatment Oxy Facial adalah salah satu jenis perawatan kulit wajah yang menggunakan teknologi oksigen untuk membantu memperbaiki kondisi kulit. Perawatan ini bertujuan untuk membersihkan, menghidrasi, dan menyegarkan kulit wajah.

Treatment ini tanpa downtime, bisa make up dan langsung beraktifitas. Idealnya perawatan ini dilakukan setiap 4 minggu sekali karena proses regenerasi sel kulit terjadi dalam waktu kurang lebih 28 hari.

Nah, itu dia penyebab kulit kering saat berpuasa dan cara mengatasinya di Fabella Beauty Clinic, yuk reservasi sekarang!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll