Artikel,fabella beauty clinic

Penyakit Eksim pada wajah

eksim pada wajah

Penyakit Eksim Pada Wajah

Wajah manusia memiliki tipe kelembab kulit yang berbeda-beda namun ada hal yang dapat merusak kelembaban kulit biasa nya hal ini disebabkan oleh kurangnya protein filaggrin yaitu protein yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit seseorang. Penyakit yang biasa nya menyerang pada usia 11-50 tahun ke atas ini biasanya disebut dengan eksim. Keluhan kulit kering biasanya dikeluhkan oleh pelanggan di klinik Fabella. Maka dari itu kita perlu mengenali gejala-gejala yang penyakit eksim ini.

Apa itu Eksim ?

Eksim / dermatitis adalah penyakit kulit yang tidak bisa disembuhkan sepenuh nya dan hanya dapat mencegah dan meminimalisir nya saja. Gejala penyakit ini biasa nya dikenali dengan permukaan kulit yang kering, tekstur kasar, membentuk pulau. Ditambah warna kulit cenderung lebih gelap/kemerahan, bersisik, dan memiliki rasa yang sangat gatal. Eksim biasa nya muncul di bagian lipatan kulit seperti sikut, ketiak, lipatan bibir, jari namun beberapa kasus eksim terjadi pada area wajah.

Penyebab dari eksim biasa nya dikarenakan faktor stress, kekebalan imun tubuh yang lemah menyebabkan iritasi pada kulit, dan alergi dari lingkungan sekitar. Adapun beberapa  banyak faktor lain juga seperti berikut 

Baca Juga: Pengencangan Vagina Dengan Kombinasi Teknologi RF dan Ozone

Penyebab Eksim :

  1. Tungau/ kutu kecil yang biasa nya hinggap pada kain yang di pakai seperti sprei, sarum bantal, pakaian.
  2. Deterjen/ sabun cuci yang mengandung bahan kimia untuk melembutkan pakaian
  3. Kulit terkena paparan sinar matahari yang terlalu panas dan udara yang terlalu kering /udara dingin yang ekstrim
  4. Zat Cocamidopropyl yang biasanya terdapat pada shampo dan lotion
  5. Pharaphenylene-diamine yang di gunakan sebagai bahan pewarna pada tato
  6. Ruangan yang kotor dan banyak debu
  7. Terpapar desinfektan atau pembersih lingkungan. 
Baca juga:  Cara Kerja Mikrodermabrasi: Manfaat dan Efek Sampingnya

Jenis-Jenis Eksim : 

  • Dermatiti Statis

Dermatitis Statis biasa nya menyerang orang yang berusia 50 tahun keatas, biasa nya di tandai dengan permukaan kulit yang kemarahan ini di sebabkan oleh aliran darah menuju permukaan kulit tersumbat dan mengerak di sertai rasa gatal dan perih.

  • Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan dan rasa gatal karena lapisan pelindung kulit terluar rusak oleh zat spiritus, shampoo, pemutih dan deterjen, pestisida, zat udara seperti zat serbuk gergaji dan debu wol.

  • Eksim Dishidrosis

Eksim Dishidrosis adalah adanya gatal-gatal yang berbentuk lepuhan kecil yang banyak di sekitar tangan, kaki, dan telapak kaki. Pada kasus ini akan semakin parah apabila terpapar air dan sabun, sebaik nya jangan di garuk karena akan mengakibatkan lepuhan pecah dan kulit akan retak dan iritasi 

  • Dermatitis Atopik 

Dermatitis Atopik biasanya dipicu oleh stress, cuaca dingin, kelembaban kulit yang rendah, dan alergi dari pengidap. Penyakit kulit ini ditandai dengan ruam kulit yang merah dan gatal biasanya bila digaruk akan mengeluarkan cairan yang nanti nya akan mengeras bila terkena udara. 

  • Neurodermatitis

Neurodermatitis adalah penyakit kulit yang memiliki ciri kulit menjadi tebal, kasar dan berbentuk bercak kemerahan, biasa nya gatal-gatal muncul di daerah leher, lengan, kaki dan anus. Rasa gatal biasa nya terjadi di malam hari dan bisa mengganggu pola tidur, penyakit ini tidak menular.

  • Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik merupakan penyakit kulit kronis (jangka panjang) yang biasa nya menyerang kulit kepala dan area yang memiliki kelenjar keringat yang banyak seperti ketiak, leher, punggung, dahi, paha, sisi hidung, dan kelopak mata.

  • Dermatitis Statis

Dermatitis Statis adalah ketidakmampuan pembuluh darah (vena) di tungkai untuk mendorong darah kembali ke jantung. Hal ini menyebabkan penyumbatan cairan darah sehingga menimbulkan pembengkakan di kulit yang rasanya nyeri biasa disebut dengan varises yang memiliki ciri benjolan kulit yang kering, pecah-pecah dan lebih gelap. 

Baca juga:  Facial Treatment Untuk Remaja di Depok: Cek Jenis-Jenisnya!

Baca Juga : 6 Panduan Memilih Klinik Kecantikan Terbaik

Cara Mencegah Terjadinya Eksim:

  1. Rutin melembabkan kulit dengan krim muka khusus yang sudah di sarankan oleh dokter
  2. Menjaga kebersihan dengan rutin mandi 2 kali sehari
  3.  Hindari aktivitas yang dapat memicu keringat keluar berlebihan, mengganti pakaian atau pelindung tubuh atau wajah dengan rutin
  4. Hindari makanan yang dapat memicu alergi dan makanan seperti ayam yang berlebihan, sea food, ikan asin,  makanan frozen yang mengandung bahan pengawet seperti bakso, sosis, mie instan.
  5. Hindari sabun dan shampoo yang membuat kulit kering sebaik nya gunakan produk sabun bayi
  6. Kelola stress dengan baik 
  7. Jangan mandi atau membasuh muka dengan air panas

Itu adalah berbagai jenis penyakit eksim pada kulit serta cara penanganan nya. Bagi sahabat Fabella yang mungkin terkena dampak dari penyakit kulit ini di klinik Fabella Beauty Clinic menyediakan banyak treatment untuk menyembuhkan penyakit eksim ini secara bertahap salah satu caranya adalah dengan menggunakan treatment suntik ozone dan meso glow. Sahabat Fabella  bisa langsung saja ke klinik yang berada di Depok dan Bogor atau bisa booking treatment di website www.fabella.id atau langsung chat ke Admin Fabella ke Contact Center 08-1111-00-332

Kategori :

Artikel,fabella beauty clinic
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll