Artikel

Kenapa Peeling Harus Dilakukan Oleh Dokter? Cek Disini!

kenapa peeling harus dilakukan oleh dokter

Kenapa peeling harus dilakukan oleh Dokter? Karena prosedur ini memerlukan keahlian dan pengalaman khusus untuk menghindari komplikasi, memastikan hasil yang optimal dan aman untuk kulit pasien.

Peeling harus dilakukan oleh dokter karena hasilnya akan lebih maksimal dan terhindar dari risiko iritasi. Dokter memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk memilih larutan kimia yang tepat dan melakukan prosedur dengan benar, sehingga mengurangi kemungkinan efek samping yang tidak diinginkan. 

Selain itu, dokter dapat memantau kondisi kulit pasien dan menyesuaikan prosedur peeling dengan kebutuhan individu, memastikan bahwa prosedur ini dilakukan secara aman dan efektif. Penasaran kenapa peeling harus dilakukan oleh Dokter? Cek selengkapnya di bawah ini!

Kenapa Peeling Harus Dilakukan Oleh Dokter?

Ada beberapa alasan kenapa peeling wajah sebaiknya dilakukan oleh dokter:

1. Keamanan

Dokter Fabella Beauty Clinic memiliki pengalaman yang luas tentang jenis kulit yang berbeda dan cara melakukan peeling dengan aman. Mereka dapat menilai tingkat keparahan masalah kulit Anda dan memilih jenis peeling yang tepat untuk Anda.

2. Keefektifan

Dokter kulit memiliki akses ke produk dan peralatan medis yang lebih kuat daripada yang tersedia untuk pasien. Hal ini memungkinkan mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik dan tahan lama.

Baca juga:  Ciri Ciri Kulit Sensitif: Cek Cara Mengatasinya!

3. Mengurangi risiko komplikasi

Peeling dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, kemerahan, dan pengelupasan. Dokter kulit dapat membantu meminimalkan risiko komplikasi ini dan memberikan perawatan jika terjadi.

4. Memastikan diagnosis yang benar

Dalam beberapa kasus, masalah kulit yang Anda alami mungkin bukan jerawat atau bekas jerawat. Dokter kulit dapat mendiagnosa dengan tepat kondisi Anda dan merekomendasikan perawatan yang tepat.

5. Pencegahan kerusakan kulit

Melakukan peeling sendiri di rumah dapat berbahaya, terutama jika Anda tidak mengetahui jenis kulit atau cara menggunakan produk peeling dengan benar. 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kulit permanen seperti hiperpigmentasi dan jaringan parut. Bagaimana sudah paham mengenai kenapa peeling harus dilakukan oleh Dokter?

6. Konsultasi dengan Dokter kulit

Meskipun ada beberapa produk peeling yang tersedia untuk konsumen, konsultasi dengan dokter kulit selalu merupakan pilihan terbaik sebelum melakukan peeling. 

Dokter kulit dapat membantu memutuskan apakah peeling tepat untuk Anda dan merekomendasikan produk atau perawatan terbaik untuk jenis kulit sobat Fabella.

Secara keseluruhan, melakukan peeling wajah oleh dokter adalah cara yang lebih aman dan efektif untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dokter kulit memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan peeling dengan aman dan meminimalkan risiko komplikasi. 

Ingatlah bahwa informasi ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis profesional. Selalu konsultasikan dengan dokter Fabella Beauty Clinic sebelum melakukan perawatan kulit apa pun, termasuk peeling.

Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Peeling Dilakukan Oleh Selain Dokter

Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin terjadi jika peeling dilakukan oleh orang lain selain dokter:

1. Risiko Umum 

Kulit yang mengalami peeling lebih sensitif dan mudah teriritasi oleh produk atau tindakan yang tidak tepat. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan, gatal, bengkak, bahkan rasa perih.

Baca juga:  Klinik Kecantikan Terbaik di Cibubur dan Depok Paling Populer

Jika peralatan atau ruangan yang digunakan tidak steril, peeling dapat berisiko menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti jaringan parut permanen.

Beberapa bahan yang digunakan dalam produk peeling dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Hal ini dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal, dan pembengkakan.

Jika peeling dilakukan terlalu dalam atau terlalu sering, dapat menyebabkan kerusakan kulit permanen, seperti jaringan parut, perubahan warna kulit, bahkan kehilangan elastisitas kulit.

2. Risiko Spesifik

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika peeling yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit, dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Orang yang tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentang peeling berisiko melakukan kesalahan yang bisa membahayakan kulit. 

Produk peeling yang tidak berkualitas atau kadaluarsa dapat berbahaya bagi kulit. Bagaimana sudah paham mengenai kenapa peeling harus dilakukan oleh Dokter?

Jenis Peeling Di Klinik Kecantikan Terbaik Depok

Ada tiga jenis peeling yang dapat dilakukan oleh dokter, dibedakan berdasarkan kedalaman lapisan kulit yang ditargetkan:

1. Light Chemical Peeling

Peeling ini menggunakan larutan kimia dengan konsentrasi ringan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan terluar (epidermis). Jenis peeling ini cocok untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit kusam, komedo, dan hiperpigmentasi ringan. 

Bahan kimia yang umum digunakan dalam peeling dangkal antara lain asam glikolat, asam laktat, dan asam salisilat.

2. Medium Chemical Peeling

Peeling ini menggunakan larutan kimia dengan konsentrasi lebih kuat untuk menembus lapisan epidermis hingga ke bagian atas dermis

Peeling sedang dapat mengatasi masalah kulit seperti kerutan halus, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi yang lebih parah. Bahan kimia yang umum digunakan dalam peeling sedang antara lain asam glikolat konsentrasi tinggi, asam trikloroasetat (TCA), dan asam mandelic.

3. Deep Chemical Peeling

Peeling ini menggunakan larutan kimia dengan konsentrasi sangat kuat untuk menembus hingga lapisan dermis tengah. Peeling dalam dapat mengatasi masalah kulit seperti kerutan yang dalam, bekas luka jerawat, dan hiperpigmentasi yang parah. 

Baca juga:  Atasi Pigmentasi Kulit agar Kembali Cerah di Klinik Laser Wajah Depok

Jenis peeling ini hanya dilakukan oleh dokter kulit yang berpengalaman karena beresiko tinggi menimbulkan efek samping. Bahan kimia yang umum digunakan dalam peeling dalam adalah fenol dan TCA konsentrasi tinggi.

Perlu diingat bahwa jenis peeling yang tepat untuk Anda akan tergantung pada masalah kulit yang ingin diatasi, jenis kulit, dan riwayat kesehatan. Konsultasikan dengan dokter Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan rekomendasi jenis peeling yang terbaik untuk Anda.

Jika ingin lebih detail tahu informasi mengenai kenapa peeling harus dilakukan oleh Dokter, yuk chat dokter sekarang.

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll