Artikel

Kenapa Jerawat Terasa Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

kenapa jerawat terasa gatal

Kenapa jerawat terasa gatal? kenali penyebab dan cara mengatasinya yang mana sering dipengaruhi oleh alergi, fungal hingga tidak cocok menggunakan skincare tertentu.

Jerawat adalah masalah kulit berupa komedo, papula, kista, atau pustula akibat minyak, sel kulit mati, debu, atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga menimbulkan penumpukan sel kulit mati dan berkembangnya kuman.

Jerawat sering kali menimbulkan rasa gatal dan nyeri, sehingga membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Lantas, apa saja sih penyebab jerawat yang mengganggu ini?

Kenapa Jerawat Terasa Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengapa jerawat terasa gatal? Ada beberapa penyebab umum timbulnya jerawat gatal, antara lain alergi, jerawat jamur, jerawat kistik, respons kulit akibat obat, paparan sinar matahari, keringat, dan gejala penyembuhan jerawat. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Alergi

Kenapa jerawat terasa gatal? kenali penyebab dan cara mengatasinya. Ya, penyebab utama jerawat gatal adalah respon alergi atau efek samping dari pengobatan jerawat. 

Ketika seseorang alergi terhadap zat aktif tertentu dan menggunakan pengobatan jerawat, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan antibodi yang melawan penyakit, yang disebut antibodi IgE atau imunoglobulin E (IgE).

Saat terkena alergen, antibodi ini mengeluarkan zat yang disebut histamin. Peningkatan produksi histamin ini pada akhirnya akan menimbulkan respon alergi, termasuk gatal-gatal pada kulit.

Baca juga:  Cara Menjadi Cantik dan Putih Secara Efektif

2. Fungal Acne

Salah satu penyebab paling umum dari jerawat gatal adalah fungal acne. Fungal acne merupakan suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur berlebihan di wajah. Gejalanya berupa iritasi kulit hingga jerawat yang terasa gatal.

Gangguan ini umum terjadi pada pasien yang memiliki masalah kesehatan yang membuat kulit wajahnya rentan terkena jamur, seperti psoriasis.

3. Jerawat Kistik

Jerawat kistik, juga dikenal sebagai jerawat batu, terjadi ketika sel-sel kulit mati atau sebum berlebih menumpuk di lapisan dalam kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan pada jaringan kulit bagian dalam sehingga menimbulkan munculnya benjolan besar menyerupai batu. Jerawat kistik dapat menyebabkan jerawat menjadi merah dan terasa gatal.

4. Terkena Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang berlebihan juga menjadi alasan Kenapa jerawat terasa gatal? kenali penyebab dan cara mengatasinya. 

Namun reaksi ini diduga terjadi karena sistem imun tubuh salah mengenali senyawa asing dari sinar matahari yang terserap oleh permukaan kulit, sehingga tubuh berusaha melindungi diri dengan mengeluarkan bahan kimia yang menimbulkan reaksi alergi, termasuk gatal-gatal pada kulit. 

5. Berkeringat

Jerawat yang terasa gatal di pipi kemungkinan disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan pada kulit wajah. Pasalnya, saat berkeringat, tubuh memproduksi lebih banyak sebum atau minyak sehingga berpotensi menyumbat pori-pori kulit dan mendorong pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

Akibatnya, berkembang biaknya bakteri tersebut memperburuk peradangan jerawat dan menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

6. Tanda Jerawat Akan Sembuh

Jerawat yang gatal, selain disebabkan oleh masalah kulit, juga bisa menandakan bahwa keadaannya sudah membaik. Saat jerawat membaik, kulit yang terdapat pustula (benjolan kecil berisi nanah) dan kemerahan akan digantikan oleh sel kulit baru yang sehat.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Mata Panda: Look Lebih Fresh!

Cara Mengatasi Jerawat Gatal

Apakah jerawat gatal boleh digaruk? Sebaiknya hindari menggaruk, menggosok, dan memencet jerawat yang nyeri karena dapat memperparah peradangan dan menimbulkan luka yang lebih serius. Daripada menggaruknya, berikut adalah sejumlah cara mengatasi jerawat gatal yang aman untuk dilakukan:

1. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Bahan Aktif Lembut

Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif keras meningkatkan risiko kulit kering dan teriritasi, sehingga memicu timbulnya jerawat yang gatal dan parah. Untuk mengatasinya, gunakan produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang lembut dan ringan, seperti yang bebas pewangi dan alkohol serta bersifat non-komedogenik.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kenapa jerawat terasa gatal? kenali penyebab dan cara mengatasinya adalah karena paparan sinar matahari.

Untuk mencegah kulit berjerawat akibat paparan sinar matahari, gunakan tabir surya dan kenakan topi atau payung saat keluar ruangan di siang hari. Untuk memberikan perlindungan terbaik, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan setiap 2 jam.

2. Menggunakan Produk yang Mengandung Antijamur

Jika jerawat gatal disebabkan oleh fungal acne, disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit antijamur. Penggunaan obat antijamur dapat membantu mengurangi iritasi sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat jamur.

3. Konsultasikan dengan Dokter Kecantikan

Jika jerawat gatal tidak kunjung membaik, segera temui dokter. Dengan begitu, dokter dapat memilih teknik pengobatan terbaik untuk mengurangi rasa gatal dan mengatasi jerawat berdasarkan kondisi kulit.

Untuk mendapatkan pengobatan terbaik, segera kunjungi Fabella Beauty Clinic yang memiliki dokter ahli berkualifikasi sehingga dapat menangani berbagai masalah kulit dengan tepat dan mudah. 

Adapun pilihan treatmentnya sangat banyak mulai dari mikrodermabrasi, injeksi, peeling, subsisi, oxy infusion dan masih banyak lagi. Jadi sudah paham bukan kenapa jerawat terasa gatal? kenali penyebab dan cara mengatasinya, yuk segera reservasi sekarang!

Baca juga:  Penyebab Kulit Wajah Mengelupas Dan Cara Mengatasinya!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll