Artikel

Ciri Wajah Terkena Merkuri dan Cara Mengatasinya!

ciri wajah terkena merkuri

Ciri wajah terkena merkuri dapat berupa beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Salah satu ciri-ciri tersebut adalah kulit wajah yang mudah mengelupas.

Hal ini biasanya terjadi setelah penggunaan merkuri dalam jangka lama, sehingga semakin lama pemakaian produk kecantikan bermerkuri, maka kulit akan semakin mudah mengelupas dan terasa perih.

Selain itu, wajah yang terlanjur terpapar merkuri juga dapat menunjukkan ruam kulit yang dapat muncul dengan cepat atau bertahap setelah penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri.

Ruam ini dapat disertai rasa panas pada kulit wajah, sehingga jika setelah menggunakan suatu produk kecantikan wajah mulai muncul ruam kemerahan dan terasa panas, maka hati-hati ada kandungan merkuri.

Apa Itu Kandungan Merkuri?

Merkuri, sering dikenal sebagai air raksa, adalah logam berat yang berbahaya dan dilarang penggunaannya dalam produk kecantikan di Indonesia. Meskipun dipromosikan sebagai bahan pemutih yang efektif untuk mencerahkan kulit dengan cepat, merkuri menyimpan bahaya tersembunyi yang dapat membahayakan kesehatan.

Produk kecantikan yang mengandung merkuri biasanya murah dan mudah ditemukan di pasaran, seperti krim pemutih, sabun muka, dan kosmetik lainnya.

Merkuri bekerja dengan cara menghambat produksi melanin, pigmen alami yang memberi warna pada kulit. Hal ini menghasilkan efek mencerahkan instan, namun dengan konsekuensi serius. Berikut adalah beberapa ciri wajah terkena merkuri yang wajib sobat Fabella ketahui!

Baca juga:  Hilangkan Double Chin Dengan Tanam Benang

Ciri Wajah Terkena Merkuri

1. Iritasi pada kulit wajah

Sobat Fabella, Iritasi pada kulit wajah merupakan salah satu ciri paling awal dan umum dari wajah yang terkena merkuri.

Iritasi ini dapat berupa rasa gatal, perih, kemerahan, dan bengkak. Pada kasus yang lebih parah, iritasi juga dapat menyebabkan kulit mengelupas dan berkerak.

2. Kulit wajah mudah terkelupas

Merkuri dapat membuat kulit wajah menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga mudah terkelupas.

Hal ini biasanya terjadi setelah penggunaan produk bermerkuri dalam jangka panjang. Kulit yang terkelupas biasanya terasa perih dan kering. Ciri wajah terkena merkuri ini harus kalian ingat, ya!

3. Lapisan kulit wajah semakin menipis

Penggunaan produk bermerkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan penipisan lapisan kulit wajah.

Kulit yang tipis akan lebih mudah mengalami kerusakan dan rentan terhadap berbagai masalah kulit, seperti keriput, garis halus, dan flek hitam.

4. Ruam kemerahan

Munculnya ruam kemerahan pada wajah juga bisa menjadi tanda bahwa kulit wajah terkena merkuri. Ruam ini biasanya terasa gatal serta perih, dan dapat menyebar ke seluruh wajah.

5. Perubahan warna kulit wajah

Merkuri dapat menyebabkan perubahan warna kulit wajah menjadi lebih putih pucat atau belang.

Hal ini terjadi karena merkuri menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Selain itu, merkuri juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam dan hiperpigmentasi.

6. Timbul jaringan parut

Penggunaan produk bermerkuri dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi. Jadi, Iritasi ini dapat memicu munculnya jaringan parut pada wajah. Bagaimana sudah paham mengenai ciri wajah terkena merkuri?

7. Kulit wajah terasa kasar dan kering

Merkuri dapat membuat kulit wajah terasa kasar dan kering. Hal ini karena merkuri mengganggu keseimbangan alami minyak pada kulit.

Baca juga:  Dokter Kecantikan di Depok: Bibir Penuh dan Cerah dengan Lip Laser!

8. Mudah berkeringat

Kulit wajah yang terkena merkuri biasanya lebih mudah berkeringat. Hal ini karena merkuri dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

9. Kelopak mata menghitam

Merkuri dapat menumpuk di kelopak mata dan menyebabkannya menghitam.

10. Bibir pecah-pecah

Merkuri bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan kering. Itu dia beberapa ciri wajah terkena merkuri yang perlu sobat Fabella pahami dengan baik.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang menggunakan produk bermerkuri akan mengalami semua ciri-ciri di atas. Beberapa orang mungkin hanya mengalami beberapa ciri, sementara yang lain mungkin tidak mengalami sama sekali. 

Jika mencurigai bahwa wajah Anda terkena merkuri, sebaiknya segera hentikan penggunaan produk yang Anda gunakan dan konsultasikan dengan dokter Fabella Beauty Clinic.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan diagnosis dan memberikan pengobatan yang tepat.

Rekomendasi Perawatan Kulit Untuk Mengatasi Merkuri

Perawatan kulit di klinik untuk mengatasi merkuri pada wajah melibatkan beberapa langkah yang dapat membantu menghilangkan efek negatif merkuri pada kulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Menghentikan penggunaan produk skincare dan makeup sementara untuk mencegah kerusakan yang makin parah pada kulit.
  2. Detoksifikasi tubuh dengan makanan sehat untuk membantu menghilangkan merkuri dari tubuh.
  3. Menggunakan antioksidan untuk memerangi efek negatif sinar UV yang dapat disebabkan oleh merkuri.
  4. Rajin olahraga untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh, yang dapat membantu mengatasi efek merkuri pada kulit.
  5. Mengganti produk skincare jika kulit dirasa sudah lebih baik dan tidak ada lagi tanda-tanda iritasi.
  6. Menggunakan perawatan kulit wajah dengan microderma peeling untuk mengatasi penumpukan sel-sel kulit mati pada wajah dan menyamarkan flek.

Dalam beberapa kasus, perawatan kulit di klinik kecantikan terbaik Depok dapat dilakukan dengan menggunakan perawatan yang lebih spesifik, seperti perawatan kulit wajah menggunakan microderma peeling yang dapat mengatasi penumpukan sel-sel kulit mati pada wajah dan menyamarkan flek.

Baca juga:  Biaya Laser Bulu Wajah dan Manfaatnya!

Namun, perlu diingat bahwa menghilangkan merkuri pada wajah tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat dan memerlukan proses regenerasi sel-sel kulit yang dapat memakan waktu sekitar satu bulan.

Itu dia informasi mengenai ciri wajah terkena merkuri, jika sobat Fabella ingin konsultasi secara online, chat sekarang, gratis!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll