Artikel

6 Ciri Wajah Alergi Kosmetik

ciri wajah alergi kosmetik

Ciri wajah alergi kosmetik dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti rasa gatal, ruam, dan sensasi terbakar, yuk ketahui lebih lanjut ciri cirinya dibawah ini!

Alergi kulit tidak hanya disebabkan oleh gigitan serangga, bulu hewan, makanan tertentu, atau serbuk sari. Untuk kamu kaum hawa harus waspada karena seperti yang kita ketahui, alergi kulit terkadang bisa dipicu oleh penggunaan kosmetik.

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya. Sesuatu ini mungkin berupa bahan yang masuk atau bersentuhan langsung dengan tubuh. Ada beberapa macam senyawa yang dapat memicu reaksi alergi, termasuk kosmetik.

Para ahli percaya bahwa intensitas alergi akan berbeda-beda pada setiap orang. Singkatnya, beberapa orang mengalami reaksi alergi sedang, sementara yang lain mengalami reaksi alergi yang parah, bahkan berakibat fatal.

fabella

Ciri Wajah Alergi Kosmetik

Lalu, kira-kira apa yang akan terjadi pada kulit bila alergi disebabkan oleh kosmetik? Yuk intip penyebab alergi kosmetik di bawah ini:

1. Gatal Hingga Ruam

Ciri wajah alergi kosmetik yang pertama adalah gatal-gatal hingga ruam. Menurut para ahli, alergi pada wajah dapat disebabkan oleh kandungan produk kosmetik yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Nah, hal inilah yang akhirnya memicu peradangan.

Alergi ringan masih bisa diobati, namun bila gejalanya terus berlanjut setelah penggunaan obat, alergi bisa bertambah parah. Dalam situasi ini, kamu harus mencari pertolongan medis.

Baca juga:  Laser ND YAG Untuk Flek, Prosedur dan Manfaatnya!

Para ahli berpendapat bahwa gejala alergi kosmetik bisa menyebabkan gatal-gata dan ruam. Penyakit ini muncul ketika kulit merespons suatu alergen. Pada titik ini, kamu akan merasa gatal, kesemutan, kulit terasa panas dan perih hingga ruam serta bengkak.

2. Mata Teriritasi dan Bengkak

Wanita sering menggunakan maskara, eyeshadow, eyeliner, dan alas bedak untuk merias area sekitar mata. Namun, produk ini kadang-kadang dapat menyebabkan alergi. Jika kandungan bahan kimia tersebut bersentuhan dengan kulit di sekitar mata, mata mungkin akan mengalami ruam.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi kulit awalnya akan berwarna kemerahan dan terasa gatal. Selain itu, alergi bisa menyebabkan kulit di sekitar mata mengelupas. Selain ruam, alergi kosmetik juga bisa menyebabkan mata bengkak dan berair.

Untuk itu, hati-hati karena kondisi ini bisa menjalar ke pipi bagian atas disertai munculnya ruam. Itulah ciri wajah alargi kosmetik. Lalu menurut Livestrong, selain ruam dan bengkak, riasan mata yang bersentuhan dengan kulit di sekitar mata bisa menyebabkan iritasi dan konjungtivitis

Menurut para ahli, penyakit ini terjadi ketika selaput bening mata mengalami infeksi sehingga pembuluh darah terbuka dan menyebabkan bola mata bagian putih menjadi merah. Terkadang hal inilah yang membuat seseorang merasa amat peka terhadap cahaya silau.

3. Bibir Kering dan Bengkak

Kamu mungkin sadar bahwa produk kecantikan seperti lipstik, lip balm, dan riasan bibir lainnya bisa memicu alergi. Hal ini menyebabkan iritasi bibir, sering dikenal sebagai cheilitis. Alergi bibir seringkali menyebabkan bibir menjadi kering, merah, gatal, dan bengkak.

4. Timbul Jerawat Breakout

Terbentuknya breakout atau jerawat yang timbul secara tiba-tiba setelah menggunakan produk kosmetik bisa jadi merupakan salah ciri wajah alergi kosmetik. Harap diingat bahwa produk perawatan kulit tertentu mengandung zat yang terlalu keras atau bersifat komedogenik, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Baca juga:  Klinik Perawatan Miss V di Depok: Recommended 2024

Produk kosmetik yang bersifat komedogenik, seperti minyak kelapa dan shea butter, dapat menyumbat pori-pori, menimbulkan jerawat, serta memperparah kondisi kulit berjerawat yang sudah ada.

5. Kulit Menjadi Lebih Gelap

Ciri wajah alergi kosmetik selanjutnya adalah kulit wajah yang semakin gelap. Komponen tertentu dalam kosmetik mungkin memicu hiperpigmentasi, atau produksi melanin berlebihan. Ini menggelapkan kulit wajah dan mengurangi daya tarik secara keseluruhan.

6. Kulit Menjadi Lebih Berminyak

Jika kulit wajah menjadi lebih berminyak setelah menggunakan kosmetik baru, kemungkinan besar karena produk tersebut mengandung terlalu banyak komponen atau merangsang pembentukan minyak berlebih pada kulit.

Minyak argan, paraben, dan alkohol merupakan contoh komponen pada kosmetik yang dapat menyebabkan kulit berminyak pada wajah.

Tips Sederhana Mengatasi Alergi Kosmetik

Agar ciri wajah alergi kosmetik pada kulit tak semakin berlarut-larut, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Stop Penggunaannya

Bila timbul gejala alergi, hentikan penggunaan kosmetik yang dianggap menjadi penyebabnya. Setelah itu, konsultasikan dengan dokter profesional untuk pemeriksaan. Alasannya, produk kosmetik yang digunakan kemungkinan besar menjadi penyebab alergi tersebut.

2. Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Mencuci muka dengan sabun cuci muka tidak harus selalu dilakukan. Pasalnya, penggunaan sabun wajah yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif, dan masalah lainnya. Sebaiknya, gunakanlah sabun wajah untuk mencuci muka pada malam hari sebelum tidur.

Akan lebih baik bila sabun yang kamu pilih memiliki pH normal (seimbang). Selain itu, cuci muka 2-3 kali sehari dengan air biasa (tidak perlu menggunakan sabun wajah).

Itu dia ciri wajah alergi kosmetik yang harus diwaspadai, namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada Fabella Beauty Clinic dengan pilihan dokter terbaik untuk melakukan konsultasi terkait permasalahan kulit, yuk reservasi sekarang!

Baca juga:  Perawatan Wajah Saat Puasa? Ikuti 6 Tipsnya!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll