Artikel

Ciri Ciri Wajah Kekurangan Kolagen dan Cara Mengatasinya!

ciri ciri wajah kekurangan kolagen

Ciri ciri wajah kekurangan kolagen seperti munculnya bintik hitam, elastisitas kulit menurun, dll, namun hal ini bisa diatasi dengan treatment terbaik masa kini, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Kolagen merupakan protein penting dalam tubuh manusia, khususnya pada struktur dan kelenturan kulit. Kekurangan kolagen dapat menimbulkan berbagai dampak di beberapa bagian tubuh, seperti kulit, tulang, persendian, dan organ.

apa penyebab pori pori besar
Source: Pinterest

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai variabel, termasuk genetika, lingkungan, dan gaya hidup. Tubuh kita mengandung 60-70% kolagen, yang tersebar di berbagai organ seperti kulit, otot, persendian, dan tulang. Peran kolagen adalah menjaga berbagai organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Ciri Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

Kekurangan kolagen dapat menyebabkan masalah kesehatan dan perubahan pada tubuh. Untuk itu, mari kita bahas ciri ciri wajah kekurangan kolagen, diantaranya:

1. Kulit Kering dan Keriput

Kolagen adalah protein struktural utama di kulit, yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kelembaban dan fleksibilitas. Kurangnya kolagen mengurangi kapasitas kulit untuk mempertahankan kelembaban alami, membuatnya terasa kering, kasar, dan kusam.

Selain itu, kolagen mendukung jaringan di bawah kulit, dan ketika kadarnya menurun, kulit kehilangan kelenturannya, sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Baca juga:  Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengobatinya!

2. Munculnya Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Ciri ciri wajah kekurangan kolagen bisa membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis. Kondisi ini membuat pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat sehingga menimbulkan lingkaran hitam atau mata panda. Karena kulit di sekitar mata sangat sensitif, berkurangnya kolagen dapat memperburuk kondisi ini.

3. Kerapuhan pada Rambut dan Kuku

Kolagen memberikan struktur pada rambut dan kuku, sehingga kekurangan kolagen dapat membuat rambut rapuh, kering, dan sulit tumbuh. Kuku juga bisa menipis, menjadi rapuh, dan lebih mudah patah.

4. Luka yang Sulit Disembuhkan

Ciri ciri wajah kekurangan kolagen selanjutnya adalah luka sulit disembuhkan. Mengapa demikian? Karena kolagen dapat membantu penyembuhan luka dan regenerasi jaringan. 

Kekurangan kolagen dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dengan cepat, sehingga penyembuhan luka lebih lambat dan meninggalkan bekas luka yang lebih terlihat.

Hal ini mungkin berdampak negatif jika kamu memiliki jerawat di wajah. Bekas jerawat menjadi lebih sulit dihilangkan, dan peradangan pun sulit diatasi.

5. Pembentukan Garis Halus dan Kerutan

Kolagen membantu menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Kurangnya kolagen dapat menyebabkan hilangnya kepadatan dan kekenyalan kulit, sehingga garis-garis halus dan kerutan semakin terlihat, terutama di pipi dan leher.

6. Bengkak Di Bawah Mata

Ciri ciri wajah kekurangan kolagen selanjutnya adalah bengkak di bawah mata. Kurangnya kolagen pada kulit di sekitar mata mungkin membuatnya lebih tipis dan lebih rentan terhadap edema. Hal ini dapat menyebabkan cairan menumpuk di belakang mata sehingga mengakibatkan kantung mata semakin besar.

7. Kulit Rentan Terhadap Iritasi

Kolagen membantu menjaga lapisan pelindung kulit tetap utuh. Kurangnya kolagen dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap peradangan dan iritasi, sehingga menimbulkan kemerahan, gatal, dan respons kulit lainnya.

Baca juga:  Makanan yang Menimbulkan Jerawat: Cek Cara Mencegahnya!

8. Pori-pori Besar

Kolagen juga membantu menjaga struktur pori-pori kulit. Ciri ciri wajah kekurangan kolagen dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar dan jelas, terutama pada bagian kulit yang berminyak seperti hidung, dagu, dan pipi.

9. Menurunnya Kekencangan Kulit

Kolagen memperkuat kulit dan memungkinkannya pulih ke bentuk normal setelah diperas atau ditarik. Kulit yang kekurangan kolagen mungkin tampak lebih kendur, layu dan kurang kencang.

10. Muncul Bintik-Bintik Hitam

Bercak hitam di wajah merupakan ciri lain kurangnya kolagen. Bintik hitam yang biasa disebut sunspot ini muncul berupa area berwarna coklat pada kulit. Paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang dapat menyebabkan kolagen, protein penting di kulit, terdegradasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Kurangnya Kolagen?

Tahukah kamu? Kadar kolagen dalam tubuh mungkin terus turun sebesar 1,5% setiap tahunnya. Kekurangan ini dapat diatasi dengan rutin menjalani pola hidup sehat, terutama dengan banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen.

Namun, menerapkan gaya hidup sehat saja tidak cukup! Karena untuk mendapatkan suplai kolagen yang optimal, kamu harus menjalani beberapa treatment di klinik kecantikan terbaik seperti Fabella Beauty Clinic. Adapun rekomendasinya antara lain:

1. Miracle Glow Skin Booster

Miracle Glow Skin Booster adalah treatment Skin Booster yang tujuannya memasukan serum yang mengandung HA murni, Hyaluronic Acid (HA) merupakan salah satu bahan paling populer dalam skin booster.

HA dikenal karena kemampuannya menarik dan menahan air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi kulit. Penggunaan HA tidak hanya meningkatkan kelembaban kulit, tetapi juga membantu mengurangi garis halus dan membuat kulit tampak lebih muda dan segar.

2. Fabella Rejuran Healer

Rejuran Healer terbuat dari polinukleotida (PN), yang merupakan DNA salmon yang telah diproses agar kompatibel dengan tubuh manusia. Rejuran Healer bekerja untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi garis-garis halus, serta meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

Baca juga:  Klinik Kecantikan yang Bagus Untuk Kulit Berjerawat

Perawatan ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengatasi masalah kulit seperti kerusakan akibat sinar matahari, tanda-tanda penuaan.

Setelah mengetahui ciri ciri wajah kekurangan kolagen di atas, apakah kamu tertarik dengan perawatan ini? Tidak perlu khawatir, karena semua prosedur aman dan terjamin dengan dokter profesional dan berbagai peralatan canggih, yuk reservasi sekarang!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll