Artikel

Komedo Hitam Makin Banyak Karena Apa?

komedo hitam makin banyak karena apa

Komedo hitam makin banyak karena apa? Tentu ada berbagai faktor, mulai dari minyak berlebih, tidak cocok dengan skincare dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Komedo hitam atau yang dikenal sebagai bintik hitam (blackhead), adalah salah satu jenis penyumbatan pori-pori kulit yang umum terjadi. Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh campuran dari minyak (sebum), kulit mati, dan kotoran lainnya.

Ketika komedo ini terbuka dan terpapar udara, maka secara alami akan terjadi oksidasi pada minyak yang tersumbat di dalamnya, sehingga menyebabkan warna hitam pekat yang khas. Komedo hitam umumnya terbentuk di area wajah yang memiliki banyak kelenjar minyak, seperti hidung, dahi, dan dagu.

Meskipun tidak berbahaya, komedo bisa mengganggu penampilan dan membuat kulit terlihat tidak sehat. Selain itu, jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa berkembang menjadi jerawat atau masalah kulit lainnya.

Terbentuknya komedo hitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti produksi minyak berlebih, kulit yang tidak dibersihkan dengan benar, penggunaan produk perawatan yang tidak tepat, stres, faktor genetik, serta perubahan hormon.

Untuk mencegah dan mengatasi komedo hitam, diperlukan perawatan kulit yang tepat, seperti membersihkan wajah secara teratur, melakukan treatment, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Penyebab Komedo Hitam Makin Banyak Karena Apa

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan komedo hitam semakin banyak, di antaranya adalah:

Baca juga:  Penyebab Umum Muka Berminyak dan Tips Mencegahnya!

1. Produksi Minyak Berlebih

Komedo hitam makin banyak karena apa? Kulit berminyak lebih rentan terhadap komedo hitam karena minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori. Faktor-faktor seperti genetika, pubertas, perubahan hormon, stres, dan cuaca panas bisa meningkatkan produksi minyak.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang tidak terangkat secara teratur akan menumpuk di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Hal ini dapat diperparah dengan penggunaan produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori (comedogenic) atau kurangnya eksfoliasi.

3. Bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang hidup di permukaan kulit bisa menyebabkan peradangan pada folikel rambut dan memperparah penyumbatan pori-pori.

4. Iritasi Kulit

Komedo hitam makin banyak karena apa, tidak lain adalah iritasi kulit akibat penggunaan produk perawatan yang keras, paparan sinar matahari berlebih, hingga polusi udara yang dapat memperparah komedo hitam.

5. Perubahan Hormon

Fluktuasi hormon, seperti saat pubertas, menstruasi, atau kehamilan, bisa meningkatkan produksi minyak yang menyebabkan komedo hitam.

6. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Komedo hitam makin banyak karena apa didasari oleh beberapa obat-obatan, seperti kortikosteroid, lithium dan antidepresan

7. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti menyentuh wajah, tidak membersihkan makeup dengan benar, dan kurang tidur bisa memperparah komedo hitam.

8. Faktor Genetik

Memiliki orang tua dengan komedo hitam dapat meningkatkan risiko mengalami komedo hitam yang serupa.

Treatment di Klinik Kecantikan Untuk Mengatasi Komedo

Jika komedo tidak membaik dengan perawatan di rumah, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya dokter Fabella akan merekomendasikan perawatan seperti ekstraksi komedo, chemical peeling. atau mikrodermabrasi. Berikut penjelasannya:

1. Facial

Facial merupakan perawatan dasar yang dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat dan mengangkat komedo. Biasanya, facial diawali dengan pembersihan wajah, ekstraksi komedo, masker, dan pelembab.

Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil Peeling Wajah? Cek Faktanya Disini!

2. Chemical Peeling

Chemical peeling menggunakan larutan kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit, termasuk mengatasi komedo hitam makin banyak karena apa. Treatment ini bisa membantu mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori

3. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi menggunakan alat khusus untuk mengangkat lapisan terluar kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Treatment ini bisa membantu mengatasi komedo, bekas jerawat, dan garis halus.

4. Laser Komedo

Laser komedo menggunakan sinar khusus untuk menghancurkan komedo dan kelenjar minyak berlebih. Treatment ini minim rasa sakit dan downtime, bahkan hasilnya bisa terlihat dalam beberapa hari saja.

5. Ekstraksi Komedo Manual

Ekstraksi komedo manual dilakukan oleh dokter atau terapis kecantikan dengan menggunakan alat khusus untuk menekan komedo keluar dari pori-pori. Treatment ini cocok untuk mengatasi komedo hitam yang membandel dan sulit hilang.

Tips Atasi Komedo dengan Mudah

Selain treatment di klinik kecantikan, kamu juga bisa mencoba beberapa cara rumahan untuk membantu mengatasi komedo hitam, seperti:

  • Mencuci muka dua kali sehari dengan sabun pembersih wajah yang lembut
  • Melakukan eksfoliasi kulit secara rutin
  • Menggunakan produk perawatan yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide
  • Membuat masker wajah dari bahan-bahan alami, seperti madu, yogurt, atau tepung beras

Penting untuk diingat bahwa komedo hitam adalah kondisi kulit yang umum dan dapat diobati. Dengan perawatan yang tepat, kamu bisa mengurangi munculnya komedo dan mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Jadi, setelah mengetahui komedo hitam makin banyak karena apa diatas, apakah kamu tertarik untuk mengatasinya bersama Fabella Beauty Clinic? Yuk reservasi sekarang, dan hempas komedo mu!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll