Artikel

Ciri Ciri Tidak Cocok dengan Skincare, Kamu harus tahu!

ciri ciri tidak cocok dengan skincare

Ciri ciri tidak cocok dengan skincare seperti munculnya jerawat, iritasi, kemerahan, atau kulit kering berlebihan, yuk simak selengkapnya!

Tidak semua produk skincare cocok untuk setiap jenis kulit. Ada beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan bahwa skincare yang kamu gunakan tidak cocok untuk kulit.

Pertama, munculnya iritasi seperti kemerahan, gatal, atau bengkak setelah menggunakan produk tersebut. Kedua, adanya breakout atau jerawat yang muncul setelah beberapa hari menggunakan produk tersebut. 

Ketiga, kulit terasa kering dan tidak lembab meskipun sudah menggunakan pelembab. Keempat, kulit terasa berminyak berlebihan dan tampak mengkilap meski sudah menggunakan produk untuk kulit berminyak. 

Nah, jika kamu mengalami ciri-ciri tersebut, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit untuk menemukan skincare yang lebih cocok.

Ciri Ciri Tidak Cocok dengan Skincare

Menemukan rangkaian skincare yang tepat bisa menjadi hal yang menyenangkan. Namun, penting untuk mengetahui ciri ciri tidak cocok dengan skincare agar bisa menghindarinya. Diantaranya adalah;

1. Kulit Kering dan Terkelupas

Produk pembersih yang terlalu kuat atau mengandung alkohol tinggi bisa membuat kulit kering dan terkelupas. Ini menandakan skin barrier mu sedang terganggu.

2. Muncul Ruam Kemerahan

Iritasi dan peradangan bisa menyebabkan kemerahan dan ruam pada wajah. Ini bisa jadi reaksi alergi terhadap kandungan tertentu dalam produk.

Baca juga:  Mengenal Pilihan Facial Treatment Untuk Kulit Berjerawat

3. Timbul Jerawat Atau Bruntusan

Ciri-ciri tidak cocok dengan skincare selanjutnya, bisa memicu break out atau bruntusan. Hal ini bisa terjadi karena produk tersebut terlalu berat atau mengandung komedogenik, sehingga menyumbat pori-pori.

4. Kulit Terasa Gatal

Rasa gatal yang muncul terus-menerus menandakan kulit sedang teriritasi. Hentikan penggunaan produk untuk menghindari iritasi yang lebih parah.

5. Kulit Menjadi Lebih Berminyak

Beberapa produk skincare, terutama yang berbahan dasar minyak, bisa membuat kulit kamu justru semakin berminyak.

6. Kulit Menjadi Lebih Gelap

Alih-alih mencerahkan, produk tertentu malah bisa membuat kulit menggelap. Ini bisa jadi pertanda ketidakcocokan atau reaksi iritasi.

Jika kamu mengalami salah satu ciri ciri tidak cocok dengan skincare diatas, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Lalu biarkan kulit beristirahat dan pulih. Setelahnya, kamu bisa kembali menggunakan skincare routine lama yang cocok untuk kulitmu.

Treatment di Klinik Kecantikan Untuk Atasi Iritasi Kulit

Kulit iritasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan bahan kimia keras, alergi, hingga ciri-ciri tidak cocok dengan skincare

Gejalanya bisa berupa kemerahan, gatal, perih, dan bengkak. Jika kamu mengalami hal ini, mengunjungi klinik kecantikan bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Di klinik kecantikan, dokter kulit akan melakukan diagnosa untuk mengetahui penyebab iritasi dan tingkat keparahannya. Setelah itu, dokter akan merekomendasikan treatment yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Berikut beberapa jenis treatment yang umum dilakukan untuk mengatasi kulit iritasi:

1. Soothing Facial

Perawatan ini menggunakan produk-produk yang menenangkan dan melembabkan kulit, seperti gel lidah buaya dan chamomile. Soothing facial dapat membantu meredakan kemerahan, gatal, dan perih pada kulit.

2. Chemical Peeling

Chemical peeling menggunakan larutan kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel. Jenis chemical peeling yang dipilih akan disesuaikan dengan tingkat keparahan iritasi.

Baca juga:  Facial Treatment Untuk Remaja di Depok: Cek Jenis-Jenisnya!

3. Laser therapy

Penanganan tidak cocok dengan skincare selanjutnya adalah perawatan laser. Treatment ini menggunakan sinar laser untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan kulit. Laser therapy juga bisa membantu memudarkan bekas luka akibat iritasi.

Selain treatment-treatment di atas, dokter fabella juga akan meresepkan obat-obatan untuk membantu meredakan gejala iritasi, seperti krim anti inflamasi atau antihistamin.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang dengan kulit iritasi cocok untuk menjalani treatment di klinik kecantikan. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Mereka akan merekomendasikan treatment yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Tips Memilih Skincare yang Tepat Untuk Wajah

Setelah mengetahui ciri-ciri tidak cocok dengan skincare, penting untuk mengetahui cara memilih skincare yang tepat. Diantaranya adalah:

  • Langkah pertama adalah mengetahui jenis kulit, apakah kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. Memahami jenis kulit akan membantumu memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit.
  • Baca dengan cermat kandungan skincare tersebut. Pilihlah yang mengandung bahan-bahan alami dan hindari produk dengan bahan kimia keras sehingga bisa mengiritasi kulit.
  • Sebelum menggunakan produk skincare baru, selalu lakukan patch test terlebih dahulu di area tertentu, seperti di belakang telinga atau di rahang. Tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi.
  • Jika kamu memiliki masalah kulit tertentu, seperti jerawat, komedo, atau flek hitam, pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk masalah tersebut.
  • Sunscreen adalah produk skincare yang paling penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Gunakan sunscreen setiap hari dengan SPF minimal 30, bahkan saat cuaca mendung.

Membutuhkan waktu untuk melihat hasil dari skincare routine mu. Jangan mudah tergoda untuk mencoba produk baru. Gunakan skincare secara konsisten selama beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

Baca juga:  11 Treatment Apa yang Bikin Wajah Glowing?

Jadi, setelah mengetahui ciri ciri tidak cocok dengan skincare diatas, jangan ragu untuk segera mengunjungi Fabella Beauty Clinic dan lakukan Perawatan yang tepat ya!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll