Artikel

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Memerah: Alami atau Treatment?

cara menghilangkan bekas jerawat memerah

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah bisa menggunakan berbagai bahan alami seperti lidah buaya, tomat, hingga perawatan di klinik kecantikan terbaik, yuk simak ulasannya dibawah ini!

Jerawat seringkali meninggalkan bekas merah setelah sembuh. Tentu saja hal ini bisa berdampak buruk pada tampilan wajah. Namun kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba. Yuk, langsung simak saja ulasan nya berikut ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Memerah

Jerawat di wajah bisa teratasi dengan sendirinya. Namun, hal ini terkadang dapat menimbulkan bekas jerawat, terutama jika jerawat tersebut parah dan dalam. Jerawat yang meradang dapat menyebabkan lesi kulit yang menyakitkan, bengkak, merah, dan merusak epidermis serta kolagen di bawahnya.

Setelah lesi ini sembuh, bekas jerawat mungkin akan muncul. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat merah:

1. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat memerah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti:

  • Putih telur. Zat alami ini mengandung enzim lisozim yang ampuh menghilangkan jerawat.
  • Lidah buaya. Konsentrasi polifenol pada lidah buaya membuatnya efektif sebagai pembasmi jerawat pada kulit.
  • Bawang putih. Unsur belerang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat merah dengan pengelupasan kulit.
  • Air perasan lemon. Air lemon yang mengandung asam askorbat baik dalam menghilangkan bekas jerawat membandel. Namun, komponen ini mungkin tidak cocok dengan kulit sensitif.
  • Cuka apel. Cuka sari apel mengandung antiseptik alami yang membantu menghancurkan kuman penyebab jerawat.
  • Papaya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati pembentuk bekas jerawat merah.
  • Tomat. Cara menghilangkan bekas jerawat memerah, kamu juga bisa memanfaatkan tomat yang mengandung vitamin A dan C.

2. Obat-Obatan Bebas

Krim kortison atau steroid dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat kemerahan pada kulit. Kemudian, sel-sel kulit menyerap lotion, mengurangi pembengkakan akibat jerawat. Selain itu, kamu bisa membeli obat penghilang bekas jerawat dengan bahan-bahan berikut ini:

  • Asam alfa-hidroksi termasuk asam laktat, asam glikolat, dan asam sitrat.
  • Salisilat atau asam salisilat.
  • Retinoid.
  • Asam Azelat.

Kamu bisa mendapatkan obat bekas jerawat ini di apotek terdekat. Namun jika obat tersebut tidak berhasil menyembuhkan bekas jerawat merah, sebaiknya kunjungi dokter atau klinik kecantikan.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Mata Panda: Look Lebih Fresh!

3. Perawatan Dermatologist

Memiliki jerawat di wajah akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan ingin sekali memencetnya. Namun jika kamu melakukan hal ini, jerawat akan semakin parah dan menyebar ke seluruh wajah. 

Maka cara menghilangkan bekas jerawat memerah bisa dengan treatment dermatologis yang ada di klinik kecantikan atau dokter spesialis kulit seperti:

Prosedur Peeling

Perawatan laser, dermabrasi, mikrodermabrasi, dan Peeling dapat membantu memperbaiki tampilan bekas jerawat yang dangkal. Semuanya memerlukan pengangkatan lapisan sel kulit untuk merangsang produksi sel-sel baru pada kulit.

Filler

Dermatologis mengikis bekas jerawat merah yang dangkal dengan menggunakan asam hialuronat, kolagen, atau lemak kamu sendiri. Hasilnya sering kali bertahan berbulan-bulan, sementara beberapa filler bersifat permanen.

Microneedling

Ini adalah pilihan yang bagus jika kamu memiliki banyak bekas jerawat merah. Prosesnya meliputi penggunaan pena microneedling dengan jarum berputar. Pena ditekan pada bekas jerawat untuk meningkatkan pembentukan kolagen.

Subsisi

Treatment subsisi melibatkan memasukkan jarum yang sudah disterilkan ke dalam kulit dan menggunakannya untuk mengganggu jaringan parut berserat dan “melonggarkan” bekas luka yang tertekan.

Injeksi

Treatment injeksi berulang kali, seperti kortikosteroid, dapat meratakan dan mengurangi bekas jerawat merah yang menebal dan menonjol.

Operasi

Operasi adalah pengangkatan atau penghancuran jaringan untuk mengurangi tampilan bekas jerawat yang tertekan. Cryosurgery dapat membekukan bekas jerawat yang ada, meski tidak disarankan untuk orang dengan kulit lebih gelap.

Laser

Jika toner dan serum tidak berfungsi, kamu bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk melakukan prosedur laser. Dokter akan segera menghilangkan bekas jerawat dengan menyasar bagian kulit yang kemerahan.

Dalam kasus jerawat yang parah, kamu mungkin memerlukan laser treatment berulang sampai kondisinya benar-benar membaik.

Baca juga:  Ciri Ciri Kulit Sensitif: Cek Cara Mengatasinya!

Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Selain cara menghilangkan bekas jerawat memerah diatas, kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Bersihkan wajah secara teratur, setidaknya dua kali setiap hari.
  • Jika jerawat timbul, jangan ditekan. Gunakan obat jerawat yang mengandung sulfur, asam salisilat, atau benzoil peroksida, yang bisa dibeli di apotek.
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor.
  • Batasi konsumsi makanan panas dan tinggi lemak.
  • Hapus riasan sebelum tidur.
  • Saat keluar rumah, pastikan selalu memakai masker pelindung.

Selain faktor-faktor tersebut, jerawat juga bisa dicegah dengan mengelola stres yang baik. Dalam hal ini, kamu bisa meredakan stress dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan. Misalnya seperti relaksasi, yoga, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, dan hal-hal lain yang kamu sukai.

Tidak perlu khawatir, kamu juga bisa mengunjungi Fabella Beauty Clinic untuk mengatasi berbagai permasalah kulit termasuk cara menghilangkan bekas jerawat memerah, yang langsung ditangani dokter profesional dan terapis berpengalaman, yuk tunggu apalagi? Segera lakukan reservasi sekarang!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll