Artikel

Treatment IPL Adalah: Tujuan Dan Prosedurnya!

treatment ipl adalah

Treatment IPL adalah jenis perawatan untuk mengatasi kerutan atau bintik hitam pada wajah, konsultasi dokter untuk treatment aman di Fabella Beauty Clinic.

IPL adalah sebuah perawatan dengan lampu atau laser untuk treatment noda pada kulit, kerutan, dan menghilangkan beberapa rambut di daerah tubuh.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada baiknya kamu memahami beberapa detail informasi mengenai IPL, manfaat, dan prosedurnya. Maka jika ingin memahami treatment IPL adalah perawatan seperti apa, simak terus, ya!

Treatment IPL Adalah

Treatment IPL adalah prosedur perawatan kulit non-invasif yang menggunakan cahaya intens berdenyut untuk melakukan berbagai perbaikan pada kondisi kulit.

Berbeda dengan laser yang menggunakan satu panjang gelombang cahaya, IPL melepaskan banyak panjang gelombang dalam satu denyut cahaya.  Hal ini memungkinkan IPL untuk menargetkan berbagai masalah kulit dalam satu sesi perawatan. Berikut adalah beberapa hal tentang IPL yang perlu kamu ketahui.

Tujuan Dari Perawatan IPL

Treatment IPL (Intense Pulsed Light) memiliki berbagai tujuan dan bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Berikut adalah tujuan utama dari treatment IPL:

1. Mengurangi Pigmentasi

IPL efektif untuk mengurangi bintik-bintik karena penuaan, sunspot, freckles, dan jenis pigmentasi lainnya. Cahaya IPL menargetkan melanin, pigmen yang memberikan warna pada bintik-bintik tersebut, memecahnya sehingga bisa dibersihkan oleh sistem limfatik tubuh.

Baca juga:  Biaya Laser Wajah Bekas Jerawat dan Jenis Treatmentnya!

2. Mengurangi Kemerahan dan Pembuluh Darah yang Terlihat

Treatment ini sangat baik untuk mengurangi kemerahan pada wajah yang disebabkan oleh rosacea atau pembuluh darah kecil yang terlihat.

IPL menargetkan hemoglobin dalam darah, kemudian dipanaskan, dihancurkan, mengurangi penampakan pembuluh darah. Bagaimana sudah paham mengenai treatment IPL adalah jenis perawatan apa?

3. Peremajaan Kulit

IPL bisa meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan, mengurangi pori-pori besar, meningkatkan kekencangan kulit, dan mengurangi kerutan halus dengan merangsang produksi kolagen baru di bawah permukaan kulit.

4. Mengatasi masalah Jerawat

Dengan menargetkan bakteri di bawah kulit dan mengurangi peradangan, IPL bisa menjadi treatment yang efektif untuk mengobati jerawat dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

5. Mengurangi Bekas Luka

Meskipun bukan solusi utama untuk bekas luka yang parah, IPL bisa membantu memperbaiki penampakan bekas luka ringan dengan memperbaiki warna dan tekstur kulit.

6. Mengurangi Rambut atau Bulu yang tidak diinginkan

IPL digunakan untuk epilasi, atau mengurangi rambut yang tidak diinginkan. Cahaya IPL menargetkan pigmen di folikel rambut, menghancurkannya, sehingga menghambat pertumbuhan rambut di masa depan.

Treatment IPL adalah jenis perawatan yang bisa menghilangkan bulu atau rambut yang tidak diinginkan, konsultasi untuk informasi lebih lanjut.

7. Mengobati Hiperpigmentasi Pasca-Inflamasi

IPL bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi pasca-inflamasi yang sering terjadi setelah jerawat sembuh, meninggalkan noda atau bintik hitam pada kulit.

Sebelum menjalani treatment IPL, sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter dermatologi Fabella Beauty Clinic untuk menentukan apakah treatment IPL adalah pilihan perawatan yang tepat, berdasarkan jenis kulit dan masalah kulit spesifik yang dialami.

Bagaimana Prosedur Treatment IPL

treatment ipl adalah perawatan anti aging terbaik

Selama prosedur, gelombang cahaya IPL diserap oleh target spesifik di kulit (seperti melanin atau hemoglobin) tanpa merusak jaringan sekitar. Energi cahaya ini diubah menjadi panas, yang merusak target tersebut, seperti menghilangkan pembuluh darah yang rusak atau memecah pigmen hitam.

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Kulit Kusam Agar Tetap Terlihat Bersih dan Sehat

Prosedur perawatan IPL (Intense Pulsed Light) melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan keamanan dan efektivitas perawatan. Berikut adalah gambaran umum dari prosedur umum yang harus dijalankan selama sesi IPL:

1. Konsultasi Awal

  • Melakukan pemeriksaan kulit: Seorang ahli dermatologi atau spesialis kecantikan akan menilai jenis dan kondisi kulit. Serta diskusi masalah kulit yang ingin kamu atasi.
  • Riwayat medis: Mereka akan meninjau riwayat medis, untuk memastikan bahwa IPL adalah pilihan perawatan yang aman.
  • Kelebihan dan resiko: Dokter akan menjelaskan mengenai manfaat yang akan kamu dapatkan dan potensi resiko atau efek samping.

2. Persiapan

  • Menghindari sinar matahari: Kamu mungkin disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan tidak menggunakan skincare sebelum treatment.
  • Berhenti minum obat: Dokter menyarankan untuk menghentikan obat-obatan tertentu atau produk perawatan kulit yang bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya.

3. Hari Perawatan

  • Kulit akan dibersihkan: wajah kamu akan dibersihkan untuk menghilangkan minyak dan bekas make-up.
  • Menggunakan pelindung mata: Kamu akan diberi pelindung mata untuk melindungi mata dari cahaya intens.
  • Dokter akan memberikan gel dingin: gel dingin akan diaplikasikan pada wajahmu. Gel ini tidak hanya membantu melindungi kulit tetapi membantu cahaya IPL menembus kulit lebih efektif.
  • Menggunakan Alat IPL: Spesialis akan menggunakan handpiece IPL untuk menerapkan denyut cahaya pada kulit. Kamu akan merasakan sensasi hangat atau cekit-cekit pada area wajah.

4. Pasca Perawatan

  • Menggunakan masker: Setelah perawatan selesai, gel dingin akan dibersihkan dan dilanjut masker, untuk meredakan kemerahan atau rasa tidak nyaman.
  • Panduan Pasca Perawatan: Kamu akan diberikan panduan khusus tentang cara merawat kulit setelah perawatan, termasuk menghindari sinar matahari langsung dan menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi.
  • Perawatan Lanjutan: tergantung pada masalah kulitmu, mungkin memerlukan beberapa sesi perawatan untuk hasil terbaik. Jeda antara sesi pertama atau minta saran dokter.
Baca juga:  Klinik Kecantikan Terdekat dari Sini

5. Pemantauan Hasil

Kamu mungkin perlu kembali ke klinik untuk evaluasi hasil setelah kulit sembuh sepenuhnya. Kurang lebih 2 minggu atau konsultasikan dengan dokter. Treatment IPL adalah perawatan yang harus kamu coba ini, apalagi yang punya bintik-bintik hitam di wajah.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu berbeda dan dokter Fabella Beauty Clinic memiliki SOP khusus yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Pastikan untuk mengikuti semua panduan pra dan pasca perawatan dari Fabella Beauty Clinic, untuk memastikan hasil terbaik dan mengurangi risiko efek samping.

6. Pemulihan dan Efek Samping

Biasanya, treatment IPL tidak memerlukan banyak waktu untuk pemulihan. Pasien bisa mengalami kemerahan atau bengkak ringan setelah prosedur yang biasanya mereda dalam beberapa jam .

Dalam kasus treatment pigmentasi, wajah kamu mungkin akan menggelap dan terkelupas selama beberapa hari setelah perawatan. Jadi, treatment IPL adalah perawatan pilihanmu bukan?

Pertimbangan Sebelum Treatment IPL

IPL mungkin tidak cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit yang gelap atau mudah terbakar matahari. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani perawatan IPL, untuk memastikan bahwa itu adalah pilihan yang tepat, berdasarkan jenis kulit dan masalah kulit spesifik.

Perawatan IPL menawarkan metode modern untuk meningkatkan penampilan kulit tanpa bedah atau membutuhkan waktu pemulihan yang lama. Tentunya treatment ini membuatnya menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang mencari solusi perawatan kulit terbaik.

Treatment IPL adalah perawatan yang bisa kamu lakukan di Fabella Beauty Clinic, konsultasi gratis via online, dan Tim Medis kami akan memberikan informasi yang kamu butuhkan.

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll