Artikel

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengobatinya!

penyebab timbulnya jerawat

Penyebab timbulnya jerawat? Kondisi ini timbul akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel-sel kulit mati yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada kulit.

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak berlebih (sebum), kulit mati, dan kotoran. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon selama masa pubertas, stres, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, tidak membersihkan wajah secara teratur, dan faktor genetik.

Selain itu, paparan bakteri seperti Propionibacterium acnes bisa memicu terbentuknya jerawat. Bakteri ini tumbuh dan berkembang biak dalam lingkungan berminyak seperti pada kulit yang cenderung berminyak.

Akibatnya, pori-pori tersumbat dan terjadi peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat. Dalam beberapa kasus, faktor lain seperti pola makan tidak sehat dan penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memicu penyebab timbulnya jerawat.

fabella

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada semua kalangan, baik remaja maupun orang dewasa. Jerawat biasanya muncul di area wajah, namun bisa terjadi di bagian tubuh lain seperti punggung, dada, dan bahu.  Munculnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Produksi minyak berlebih (sebum)

Kelenjar minyak pada kulit menghasilkan sebum untuk menjaga kelembaban kulit. Namun, pada orang yang rentan berjerawat, produksi sebum dapat berlebihan dan menyumbat pori-pori.

Penyumbatan ini bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan bakteri, yang pada akhirnya memicu peradangan dan munculnya jerawat.

Baca juga:  Pengertian dan Manfaat Meso Slim

2. Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati secara alami terkelupas dan digantikan oleh sel kulit baru. Namun, pada orang yang rentan berjerawat, sel kulit mati dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori, sehingga meningkatkan risiko jerawat.

3. Pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes

Bakteri P. Acnes secara alami hidup di kulit. Pada orang yang rentan berjerawat, bakteri ini dapat berkembang biak secara berlebihan di dalam pori-pori yang tersumbat, menghasilkan asam lemak yang menyebabkan peradangan dan jerawat.

4. Faktor hormonal

Fluktuasi hormon, seperti yang terjadi saat pubertas, menstruasi, atau kehamilan, dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu penyebab timbulnya jerawat.

5. Faktor gaya hidup

Beberapa faktor gaya hidup yang dapat memperburuk jerawat, antara lain:

  • Stres
  • Kurang tidur
  • Merokok
  • Konsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan
  • Kurang minum air putih
  • Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok

6. Faktor genetik

Jika orang tua memiliki riwayat jerawat, maka Anda lebih berisiko untuk mengalami jerawat juga.

7. Penggunaan obat-obatan

Beberapa obat-obatan, seperti kortikosteroid dan obat anti kejang, bisa meningkatkan risiko jerawat.

Penting untuk mengetahui penyebab jerawat Anda agar dapat memilih pengobatan yang tepat. Konsultasikan dengan dokter Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat?

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang. Ada berbagai cara untuk mengobati jerawat, tergantung pada tingkat keparahannya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Perawatan di rumah

  • Menjaga kebersihan wajah: Cuci muka dua kali sehari dengan sabun pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Hindari sabun yang keras atau mengandung bahan kimia yang iritatif.
  • Gunakan obat jerawat yang dijual bebas: Ada berbagai jenis obat jerawat yang dijual bebas di apotek, seperti obat oles yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, atau retinoid. Pilihlah obat yang sesuai dengan jenis jerawat dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan seksama.
  • Hindari memencet jerawat: Memencet jerawat dapat memperparah peradangan dan meninggalkan bekas luka.
  • Kurangi stres: Stres dapat memperburuk jerawat. Lakukan aktivitas yang dapat membantu mengurangi stres, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.
  • Konsumsi makanan yang sehat: Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan olahan, makanan berlemak tinggi, dan makanan manis.
  • Minum air putih yang cukup: Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperlancar metabolisme tubuh.
  • Tidur yang cukup: Tidur yang cukup dapat membantu tubuh untuk memperbaiki diri dan melawan infeksi.
Baca juga:  Manfaat Meso Slimming: Hasil Bertahan Berapa Lama? Cek Disini!

2. Perawatan medis

Jika jerawat tidak membaik dengan perawatan di rumah, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan memberikan resep obat yang lebih kuat, seperti antibiotik atau obat hormonal.  Berikut beberapa metode medis yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat:

  • Chemical peeling: Chemical peeling adalah prosedur yang menggunakan bahan kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.
  • Mikrodermabrasi: Mikrodermabrasi adalah prosedur yang menggunakan butiran kristal kecil untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kolagen.
  • Laser therapy: Laser therapy adalah prosedur yang menggunakan laser untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.
  • Injeksi steroid: Injeksi steroid dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu yang besar dan bengkak.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat untuk sobat Fabella.

Bagaimana sudah paham mengenai penyebab timbulnya jerawat? Jika ingin tahu lebih detail, yuk konsultasi dengan dokter kami!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll