Artikel

Penyebab Kulit Kendur dan Cara Mengatasinya: yuk ke Fabella Clinic!

penyebab kulit kendur

Penyebab kulit kendur bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kekurangan vitamin C dan E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. 

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kulit menjadi kendur dan kurang elastis, sedangkan kekurangan vitamin E bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan rusak. 

Selain itu, faktor lain yang bisa menyebabkan kulit kendur adalah kebiasaan tidak mencuci wajah secara teratur, menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit, serta paparan sinar matahari secara berlebihan. 

Oleh karena itu, untuk mencegah kulit kendur, perlu dilakukan perawatan kulit yang teratur, seperti mencuci wajah dengan sabun yang sesuai dan menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C dan E. 

Selain itu, perlu dilakukan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen yang memiliki tingkat perlindungan SPF yang tinggi. Jadi apa sih penyebab kulit kendur?

Apa Penyebab Kulit Kendur?

Kulit kendur (saggy skin) adalah kondisi di mana kulit kehilangan elastisitas dan kekencangannya, sehingga terlihat mengendur. Hal ini bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, seperti wajah, leher, lengan, perut, dan paha.

1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tubuh secara alami memproduksi lebih sedikit kolagen dan elastin. Protein memberikan struktur dan dukungan pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih tipis, lemah, dan kendur.

Baca juga:  Tempat Facial Terbaik Depok: Cek Prosedur Facial, Glowing!

2. Paparan sinar matahari

Sinar UV dari matahari bisa merusak kolagen dan elastin di kulit, mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit kendur.

3. Penurunan berat badan yang drastis

Ketika kehilangan berat badan dengan cepat, kulit Anda mungkin tidak bisa menyusut cukup cepat untuk mengikuti perubahan bentuk tubuh. 

Hal ini bisa menyebabkan kulit kendur, terutama di area di mana Anda kehilangan banyak berat badan.

3. Kehamilan

Saat hamil, kulit meregang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Setelah melahirkan, kulit Anda mungkin tidak sepenuhnya kembali ke bentuk semula, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu anak.

4. Merokok

Merokok merusak kolagen dan elastin di kulit, menyebabkan kulit kendur dan keriput.

5. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis, seperti sindrom Ehlers-Danlos, bisa menyebabkan kulit kendur sejak usia dini. Bagaimana sudah tahu kan penyebab kulit kendur?

Bagaimana Cara Mengobati Kulit Kendur

Cara mengobati kulit kendur bisa dilakukan dengan beberapa strategi yang efektif. Berikut adalah beberapa cara mengobati kulit kendur yang bisa Anda lakukan:

1. Hidrasi Kulit dari Dalam

Hidrasi kulit dari dalam bisa membantu meningkatkan kelembaban dan mengencangkan kulit. Minum air yang cukup setidaknya 8 gelas per hari bisa membantu meningkatkan kelembaban kulit dan mengencangkan kulit wajah.

2. Pijat Wajah Secara Teratur

Pijat wajah secara teratur bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada area wajah dan leher, sehingga bisa mengencangkan kulit wajah. 

Lakukan pijat wajah dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas selama 5-6 menit setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Menggunakan Masker Wajah

Menggunakan masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti alpukat, madu, dan coklat bubuk bisa membantu mengencangkan kulit wajah serta mengurangi garis kerutan. 

Baca juga:  Rekomendasi Klinik Kecantikan Terbaik Untuk Acne Facial

Gunakan masker wajah dengan cara berikut: campurkan 2 buah alpukat, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan cokelat bubuk. Oleskan masker ke wajah secara merata, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

4. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti buah dan sayur bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, sehingga bisa mengencangkan kulit wajah.

5. Mengoleskan Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak kelapa bisa membantu mengencangkan kulit tubuh. Minyak kelapa dikenal bagus untuk perawatan kulit tubuh. 

Kulit Anda akan kembali kencang dengan hanya mengoleskan sedikit minyak. Kemudian, pijat lembut permukaan kulit. Kulit juga akan terasa lembut. Pastikan Anda memahami penyebab kulit kendur terlebih dahulu ya.

6. Yoga

Yoga bisa membantu melawan stres dan depresi, serta mengembalikan kekencangan kulit pada tubuh. Anda bisa memilih berbagai gerakan yang mudah dan langsung dipraktekkan ke tubuh.

7. Menggunakan Produk Skincare yang Sesuai

Menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda bisa membantu mengencangkan kulit wajah. 

Produk skincare yang mengandung vitamin C dan E bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit wajah.

8. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan bisa membantu mengencangkan kulit wajah. 

Sinar matahari bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kendur, memunculkan keriput, hingga garis halus. Gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan dengan tingkat perlindungan SPF yang tinggi.

9. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok bisa membantu mengencangkan kulit wajah. Merokok bisa mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen, sehingga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kendur.

10. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, dan tidur yang cukup bisa membantu mengencangkan kulit wajah. 

Baca juga:  Klinik Kecantikan Terdekat yang Bagus: Atasi Kerusakan Kulit Akibat UV!

Pola hidup sehat bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit wajah. Dengan melakukan beberapa cara di atas secara rutin dan teratur, Anda bisa mengencangkan kulit wajah dan mengatasi masalah kulit kendur. Yuk ke Fabella Beauty Clinic sekarang!

Itu dia ulasan mengenai penyebab kulit kendur dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat, ya!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll