Artikel

7 Makanan Kaya Kolagen Untuk Kulit, Baik Untuk Peremajaan!

makanan kaya kolagen untuk kulit

Makanan kaya kolagen untuk kulit memang beragam macamnya, mulai dari telur, daging, kaldu, ikan dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Kolagen adalah protein tidak larut yang membantu membentuk jaringan tubuh termasuk tulang, tulang rawan, dan kulit. Protein ini biasanya dibuat di dalam tubuh, meski kadarnya mungkin menurun seiring bertambahnya usia.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa menjaga jumlah kolagen dalam tubuh dengan mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung kolagen. Lantas, apa saja makanan kaya kolagen yang bermanfaat untuk kulit? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Makanan Kaya Kolagen Untuk Kulit

Kolagen memiliki keunggulan kecantikan yang tidak dapat disangkal. Protein berserat ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga mampu meningkatkan elastisitasnya. Oleh karena itu, memantau jumlah kolagen dalam tubuh dapat membantu kita menjadi kesehatan kulit.

Pada dasarnya, tubuh dapat membuat kolagen secara alami. Namun, sintesis kolagen mungkin menurun seiring bertambahnya usia. Dalam kondisi ini, kamu bisa meningkatkan kadar kolagen dengan mengonsumsi makanan yang tercantum di bawah ini:

1. Ayam

Makanan kaya kolagen untuk kulit yang pertama adalah daging ayam, terutama pada bagian paha dan leher. Daging ayam diketahui mengandung berbagai asam amino yang berfungsi sebagai komponen pembentuk kolagen. Selain itu, daging ayam kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi otak dan sistem saraf.

Baca juga:  Klinik Kecantikan Bagus di Depok Masa Kini

2. Putih Telur

Makanan yang mengandung kolagen alami selanjutnya adalah putih telur. Meski kadar kolagen nya rendah, putih telur mengandung protein yang membantu membangun kolagen di kulit. Selain itu, putih telur menyediakan 6,2 gram protein, yang mencakup 10% kebutuhan protein harian orang dewasa.

3. Kaldu Tulang

Sobat Fabella, Kaldu tulang sudah lama dikenal sebagai makanan kaya kolagen untuk kulit. Kaldu tulang mengandung magnesium, fosfor, kalsium, glukosamin, dan kondroitin yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tulang dan kulit.

Untuk menyantapnya, rebus tulang ayam atau sapi selama 12 hingga 48 jam. Untuk menambah cita rasa, masukan rempah-rempah, batang seledri, dan potongan ayam ke dalam kaldu tulang tersebut.

4. Ikan

Ikan merupakan makanan yang mengandung kolagen berkualitas tinggi. Kolagen pada ikan lebih mudah dicerna dibandingkan kolagen dari makanan lain. Kamu bisa mengkonsumsi kepala dan kulit ikan untuk mendapatkan kolagen berkualitas tinggi.

5. Kacang-Kacangan

Makanan kaya kolagen untuk kulit selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung zinc yang dipercaya dapat membantu tubuh memproduksi kolagen lebih efisien. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan lembab.

Kacang-kacangan yang direkomendasikan antara lain kacang almond, kacang tanah, hazelnut, dan kenari. Namun, disarankan untuk mengonsumsi kacang ini dalam jumlah sedang. Tak lain karena makanan semacam ini memiliki lemak dan kalori yang tinggi sehingga berisiko meningkatkan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

6. Tomat

Selain buah jeruk, tomat juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu membentuk kolagen alami di dalam tubuh. Faktanya, tomat mengandung likopen, antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.

Baca juga:  Mengenal Kulit Kombinasi Dan Tips Merawatnya!

Untuk mengkonsumsinya, siapkan tomat menjadi jus segar yang bisa dikonsumsi sepanjang hari atau di sela waktu makan.

7. Brokoli

Makanan kaya kolagen untuk kulit selanjutnya adalah brokoli. Brokoli mengandung beta-karoten yang dapat meningkatkan pembentukan prokolagen dalam tubuh. Selain itu, beta-karoten yang memiliki sifat antioksidan dapat mencegah degradasi kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Rekomendasi Treatment Untuk Meningkatkan Kolagen di Dalam Tubuh

Selain berbagai makanan diatas, ada juga rekomendasi treatment dari Fabella Beauty Clinic yang dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, diantaranya adalah:

1. Growth Factor Stimulator

    Treatment Growth Factor adalah protein alami yang terdapat di dalam tubuh manusia. Letak protein ini berada pada kulit muda yang sehat, kemudian mengalami penurunan karena pertambahan usia.

    Manfaat Growth Factor yaitu untuk cell turnover dan membentuk sel-sel baru, peningkatan kadar elastin, dan juga kolagen. Pada dasarnya, Growth Factor kini dikembangkan untuk membantu mengatasi permasalahan kulit. Dalam dunia kecantikan, metode ini telah mampu membantu banyak permasalahan kulit.

    2. DNA Salmon Baby Glass skin

      Treatment Microneedling menggunakan alat dermapen dengan serum PDRNs (DNA) Salmon untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang berhubungan dengan rendahnya tingkat regenerasi.

      Dapat mengatasi masalah kulit seperti acne scars, pigmentasi, flek hitam, kerutan dan garis halus, mendukung fungsi kolagen dan elastin, membuat kulit lebih plumpy (dari hidrasi dan kelembaban), halus dan mengencangkan pori-pori kulit.

      3. RF Premium

        Radio Frekuensi Premium adalah treatment menggunakan gelombang frekuensi radio yang dapat memancarkan panas ke dalam lapisan dermis dengan tujuan untuk merangsang dan mempercepat pembentukan kolagen.

        Berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membentuk kontur wajah ataupun tubuh. RF Premium ini bekerja di lapisan luar dan lapisan lemak, sehingga efektif untuk mengatasi pipi chubby dan mengencangkan kulit yang kendur.

        Baca juga:  10 Perawatan Wajah Berjerawat di Klinik Kecantikan

        Itu dia beberapa makanan yang bermanfaat bagi kulit. Selain mengkonsumsi makanan kaya kolagen untuk kulit, kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan mengunjungi Fabella Beauty Clinic dan berkonsultasi dengan dokter dermatologi yang berpengalaman, yuk reservasi sekarang!

        Kategori :

        Artikel
        Share This :

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        Recent Post

        Contact Us

        Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

        • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
        • Konsultasi Treatment/ perawatan
        • Reservasi online
        • Dll