Artikel

Macam Macam Masalah Kulit Wajah

macam macam masalah kulit wajah

Macam macam masalah kulit wajah yang sering dialami diantaranya jerawat, komedo, flek hitam dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Seperti yang kita tahu, berbagai masalah kulit wajah dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat. Tentu saja hal ini dapat melemahkan rasa percaya diri seseorang. Lalu, apa saja kondisi kulit wajah yang umum terjadi?

Macam Macam Masalah Kulit Wajah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa jenis masalah kulit yang umum terjadi, diantaranya adalah:

1. Jerawat

Tidak diragukan lagi, salah satu masalah kulit wajah yang paling umum adalah jerawat, yang bisa menyerang pria dan wanita. Banyak orang percaya bahwa pubertas akan menyelesaikan masalah tersebut. Faktanya, siapa pun bisa mengalami masalah kulit ini kapan saja.

Penyebab jerawat biasanya karena penumpukan kotoran, debu, atau minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat ini memungkinkan bakteri berkembang biak, yang pada akhirnya menyebabkan peradangan pada kulit dan munculnya jerawat.

2. Komedo

Macam macam masalah kulit wajah selanjutnya adalah komedo. Munculnya komedo disebabkan oleh fluktuasi hormonal, iritasi kulit, pertumbuhan bakteri, kelembaban berlebih, penggunaan produk yang mengandung propilen glikol dan isopropil miristat, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

3. Flek Hitam

Flek hitam adalah masalah umum yang banyak dikaitkan dengan bertambahnya usia. Namun hal ini tidak sepenuhnya akurat, karena hiperpigmentasi atau flek hitam dapat menyerang siapa saja. Biasanya adanya flek hitam di wajah menandakan awal mula timbulnya flek hitam.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat

Flek hitam dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti paparan radiasi UV dalam waktu lama, faktor genetik, perubahan hormon estrogen, penggunaan pil KB, produk perawatan kulit yang memperburuk fotosensitifitas, dan penumpukan melanin pada kulit wajah. Padahal salah satu komponen yang berperan dalam pembentukan pigmen warna kulit adalah melanin.

4. Rosacea

Macam macam masalah kulit wajah rosacea adalah suatu kondisi kulit yang muncul berupa ruam berwarna ungu kemerahan di wajah. Bisa dibilang kondisi ini mirip dengan iritasi dan wajah berjerawat.  Bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat tekanan darah, dan paparan zat tertentu dapat menjadi faktor berkembangnya rosacea.

5. Munculnya Bercak Putih di Wajah

Menurut medis, area putih di wajah yang lebih pucat dibandingkan warna kulit di sekitarnya disebut dengan hipopigmentasi. Hal ini biasanya terjadi akibat kelainan autoimun, jaringan parut, dan infeksi jamur. Mengenai jenisnya, ada beberapa klasifikasi yang termasuk dalam bintik putih ini, antara lain:

  • Panu
  • Sunspot
  • Vitiligo
  • Pityriasis alba
  • Dermatitis atopic

Jika kamu mengalami kondisi ini, sangat disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan terapi yang tepat.

6. Kerutan dan Garis Halus

Macam macam masalah kulit wajah berikutnya adalah kerutan. Kerutan dan garis halus merupakan tanda penuaan dini pada kulit.

Gejalanya antara lain timbulnya garis-garis halus yang lama kelamaan semakin banyak sehingga menyebabkan kerutan di wajah kian terlihat. Adapun faktor lain yang menyebabkan kerutan seperti kurangnya olahraga, paparan radiasi UV, dan kulit dehidrasi.

7. Kulit Berminyak

Genetika, penuaan, stres, produksi sebum berlebih, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, ketidakseimbangan hormon, dan ketidakcocokan produk semuanya dapat menyebabkan kulit berminyak.

8. Milia

Macam macam masalah kulit wajah yang cukup umum adalah milia. Tergantung pada warna kulit, milia ini berupa bercak atau benjolan putih kecil. Meskipun milia jauh lebih kecil daripada bruntusan, kamu harus tahu bahwa milia adalah sejenis kista dengan keratin di dalamnya.

Baca juga:  Skincare Untuk Menghilangkan Bopeng dan Treatmentnya!

Milia biasanya muncul di area wajah, di bawah mata, di sekitar hidung, dan di sekitar dagu. Kemunculannya sendiri disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi kulit yang tidak dibersihkan dengan benar, saluran keringat tersumbat, infeksi, dan kulit mati yang tersangkut di pori-pori hingga merokok dan kurang tidur.

9. Kulit Kering

Dalam kebanyakan kasus, kulit kering disebabkan oleh kurangnya hidrasi pada lapisan terluar kulit. Hal ini menandakan kurangnya kelembaban pada kulit. Biasanya ini ditandai dengan kulit mengelupas dan bersisik.

10. Kulit Kusam

Macam macam masalah kulit wajah selanjutnya adalah kulit kusam. Mereka yang beraktivitas di luar ruangan sering kali mengalami masalah ini karena paparan sinar matahari, polutan, dan debu yang menempel di permukaan kulit.

Untungnya, seringnya mencuci muka dan melakukan eksfoliasi membuat masalah kulit kusam lebih mudah teratasi.

11. Kulit Sensitif

Menurut skinvision.com, kulit sensitif adalah reaksi kulit terhadap zat asing yang bersentuhan dengan permukaan kulit dan menyebabkan alergi karena sistem kekebalan tubuh secara alami melakukan pertahanan terhadap zat tersebut. Biasanya, kulit sensitif disebabkan oleh faktor cuaca, stress, paparan debu dan polutan hingga reaksi kimia tertentu. 

Nah itu dia beberapa permasalah kulit yang sering terjadi pada masyarakat umum. Kabar baiknya, ada Fabella Beauty Clinic yang dapat mengatasi semua permasalahan diatas melalui treatment khusus seperti peeling, facial, laser, mikrodermabrasi, injeksi dan masih banyak lagi. 

Tidak perlu khawatir, semuanya aman dan terjamin karena langsung ditangani oleh dokter profesional dan terapis ahli. Jadi tunggu apalagi? Yuk, atasi macam macam masalah kulit wajah di atas sekarang juga!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll