Artikel

Atasi Pigmentasi Kulit agar Kembali Cerah di Klinik Laser Wajah Depok

klinik laser wajah depok

Klinik laser wajah Depok selalu menawarkan solusi untuk mengatasi kulit kusam, sehingga bisa kembali cerah dalam waktu dekat!

Memiliki noda gelap menjadi salah satu hal yang ditakuti banyak orang, karena pasti akan mengganggu penampilan. Hiperpigmentasi atau yang dikenal dengan bintik hitam di wajah merupakan salah satu masalah kesehatan kulit. Tidak heran jika banyak orang yang bingung bagaimana cara mengatasinya.

Berangkat dari hal ini, kita akan membahas berbagai aspek hiperpigmentasi, termasuk penyebab dan pengobatan efektif untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Informasi dan penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada ulasan berikut ini!

Klinik Laser Wajah Depok: Apa Itu Hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi adalah kata medis yang mengacu pada area kulit yang lebih gelap di permukaan wajah. Hiperpigmentasi terjadi ketika permukaan kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan.

treatment di klinik laser wajah depok
Source: Pinterest

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari bekas jerawat, kerusakan akibat sinar UV, dan perubahan hormon.

Jenis-Jenis Pigmentasi Kulit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa jenis pigmentasi kulit yang bisa disembuhkan dengan treatment rutin di klinik laser wajah Depok terbaik. Diantaranya adalah:

1. Melasma

Melasma adalah bercak pigmentasi berwarna coklat atau biru keabu-abuan. Bentuk patch pigmentasi ini biasa ditemukan di tulang pipi, hidung, dahi, dan di atas bibir. Melasma bisa disebabkan oleh faktor genetik, masalah hormonal (biasanya berhubungan dengan kehamilan atau kontrasepsi hormonal), dan paparan sinar matahari.

Baca juga:  6 Panduan Memilih Klinik Kecantikan Terbaik

2. Sun Spot/Solar Lentigines

Sunspot atau dikenal juga dengan age spot adalah bintik kecil atau besar berwarna kecoklatan hingga hitam yang terbentuk pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

3. Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Jenis hiperpigmentasi lainnya adalah Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). Bercak pigmentasi ini mungkin terbentuk akibat bekas luka berwarna coklat atau hitam (akibat jerawat atau penyebab lainnya). Pigmentasi semacam ini biasanya muncul atau terjadi pada bagian kulit yang rusak akibat proses peradangan.

4. Freckles / Ephelides

Hiperpigmentasi yang bisa disembuhkan di klinik laser wajah Depok juga dapat muncul sebagai bercak melingkar berwarna kecoklatan pada wajah, lengan, dan warna kulit terang lainnya. Bentuk hiperpigmentasi ini sebagian besar disebabkan oleh faktor keturunan (terutama pada anak muda) dan bisa diperburuk oleh paparan sinar matahari.

Cara Mencegah Hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi memang tidak dapat dicegah sepenuhnya. Namun, kamu bisa mengurangi kemungkinan munculnya dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini:

1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selain melakukan perawatan di klinik laser wajah Depok terbaik, salah satu cara untuk mencegah hiperpigmentasi adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama antara jam 10 pagi dan 4 sore. Hal ini disebabkan tingginya tingkat sinar UV pada saat itu.

2. Menggunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum keluar rumah pada siang hari adalah strategi paling efektif untuk menghindari hiperpigmentasi. Tabir surya melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang menyebabkan flek hitam.

3. Mengoleskan Krim Pemutih atau Brightening Cream

Penggunaan lotion pemutih telah terbukti mengurangi sintesis melanin di kulit. Hal inilah yang menjadikan krim pencerah efektif untuk meratakan warna kulit sekaligus mencegah hiperpigmentasi. Untuk menjamin keamanannya, temui dokter kulit sebelum menggunakan cream tersebut. 

Baca juga:  Laser Muka Bopeng Berapa Harganya: Konsultasi Sekarang!

4. Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Selain treatment di klinik laser wajah Depok dan menggunakan brightening cream, ada beberapa produk perawatan kulit tambahan yang bisa digunakan untuk mencegah hiperpigmentasi dan menyembuhkan flek hitam.

Contohnya termasuk produk yang mengandung asam azelaic, vitamin C, tretinoin, asam glikolat, asam kojic, atau ekstrak licorice. Produk kecantikan yang mengandung arbutin juga bisa membantu mencegah hiperpigmentasi karena diklaim dapat menurunkan sintesis melanin pada kulit.

5. Tidak Memencet Jerawat atau Menggaruk Bagian Tubuh yang Gatal

Memencet jerawat dan menggaruk bagian tubuh yang tidak nyaman bisa mengiritasi kulit sehingga mengakibatkan hiperpigmentasi. Maka dari itu, jangan memencet jerawat atau menggaruk kulit yang iritasi untuk mencegah meninggalkan bekas yang membuat warna kulit tidak merata.

Kamu bisa menggunakan beberapa langkah-langkah di atas untuk menghindari hiperpigmentasi. Pastikan produk perawatan kulit yang dibeli tidak mengandung paraben. Paraben diketahui mengurangi jumlah mikroorganisme menguntungkan pada kulit dan merusak sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Langkah ini bisa dimulai dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup, makan dengan benar, banyak minum air putih, dan berhenti merokok.

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara untuk mencegah hiperpigmentasi dan hasilnya masih kurang memuaskan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter profesional di Fabella Beauty Clinic. Dimana dokter akan menganalisis penyebab hiperpigmentasi dan memberikan pilihan treatment yang tepat untuk menyeimbangkan warna kulitmu

Salah satunya dengan pilihan treatment Q-Switch NdYAG Laser yaitu laser yang menggunakan panjang gelombang 1064nm yang bekerja pada lapisan epidermis tanpa merusak struktur kulit. 

Bertujuan untuk menghilangkan flek dan kelainan kulit (flek, freckles, lentigo, tato, tanda lahir, dapat meremajakan sel kulit, bekas jerawat & hiperpigmentasi lainnya). Cara kerjanya sendiri dimana laser diserap oleh kulit yang berubah menjadi energi panas, lalu memecah pigmen/melanin.

Baca juga:  Facial Brightening di Dokter Kulit Terbaik Depok 

Jadi gimana? Tertarik untuk mengatasi pigmentasi kulit dengan perawatan terbaik di klinik laser wajah Depok? Yuk, cek buat janji dan buktikan sendiri perubahannya!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll