Artikel

Cara Kerja Mikrodermabrasi: Manfaat dan Efek Sampingnya

cara kerja mikrodermabrasi

Cara kerja mikrodermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang mengandung kristal mikro untuk mengelupas lapisan teratas dari kulit wajah.

Kebanyakan orang bermimpi memiliki kulit yang sehat dan kencang. Dalam hal perawatan kulit, prosedur mikrodermabrasi wajah merupakan salah satu perawatan kosmetik non-bedah yang paling populer saat ini. Namun, sebelum menjalani prosesnya, penting untuk memahami apa itu mikrodermabrasi wajah, serta manfaat dan resikonya.

Secara umum, mikrodermabrasi dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi intensitas pori-pori kulit yang tersumbat, menghilangkan bekas luka atau flek hitam, serta menghaluskan kerutan atau garis halus pada kulit yang semuanya merupakan gejala penuaan dini. Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Kerja Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang melibatkan penyemprotan mikrokristal, atau tetesan kristal aluminium oksida, ke permukaan kulit. Kemudian mikrokristal akan digosokkan untuk menghilangkan lapisan atas kulit (epidermis).

Dengan begitu, tubuh menganggap kulit telah rusak dan segera menggantinya dengan kulit baru. Saat ini, mikrodermabrasi dapat dilakukan dengan menggunakan dua alat, yaitu alat genggam dan tongkat dengan ujung berbentuk permata.

Kedua alat ini memiliki sistem vakum yang menyedot kristal dan sel kulit mati. Treatment mikrodermabrasi tidak diperlukan anestesi karena tidak menimbulkan rasa sakit. Namun pasien akan diberikan obat penghilang rasa supaya mereka merasa tenang.

Perawatan ini biasanya memakan waktu 30-45 menit, tergantung seberapa banyak noda yang harus dihilangkan. Pasien dapat langsung pulang dan melanjutkan aktivitas sehari-hari karena mikrodermabrasi tidak memerlukan perawatan di rumah sakit. Berikut penjelasan cara kerja mikrodermabrasi menurut jenisnya:

Baca juga:  5 Manfaat Suntik Vitamin C Untuk Mencerahkan Kulit

1. Crystal Microdermabrasion

Mikrodermabrasi kristal akan menyemprotkan butiran kristal ke epidermis, atau lapisan terluar kulit, untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru.

2. Diamond-tip Handpiece

Cara kerja mikrodermabrasi yaitu menggunakan alat berbentuk tongkat dengan butiran kristal di ujungnya untuk mengelupas dan mengangkat sel kulit mati pada wajah, khususnya area sekitar mata.

3. Hydradermabrasion

Proses ini memadukan alat eksfoliasi sel kulit mati yang tidak mengandung kristal dengan cairan khusus yang melembabkan dan mencerahkan kulit wajah. Alat ini akan mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, dan memperlancar aliran darah ke kulit wajah.

Manfaat Mikrodermabrasi Wajah

Selain aman dan dapat dilakukan tanpa anestesi, ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh melalui mikrodermabrasi wajah, antara lain:

1. Mengurangi Flek Hitam Akibat Penuaan

Salah satu tujuan mikrodermabrasi adalah untuk menghilangkan flek hitam di wajah, khususnya pada individu berusia lanjut. Melasma dan lentigo senilis adalah contoh penggelapan kulit akibat proses penuaan yang dianggap efektif diatasi dengan cara kerja mikrodermabrasi.

2. Menyembuhkan Bekas Jerawat

Manfaat yang kedua adalah membantu menghaluskan permukaan kulit akibat bekas jerawat. Proses ini menghilangkan lapisan atas kulit yang mengandung sel-sel mati dan jaringan parut akibat jerawat.

Dengan mikrodermabrasi, tentu akan merangsang proses regenerasi kulit baru sehingga bekas jerawat di kulit akan semakin merata dan halus seiring berjalannya waktu. Selain itu, mikrodermabrasi wajah merangsang pembentukan kolagen sehingga menghasilkan kulit yang kenyal dan sehat.

3. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Salah satu alasan paling umum dilakukannya terapi mikrodermabrasi wajah adalah untuk menghilangkan kerutan dan garis halus. Alasannya karena proses ini terbukti meningkatkan pembentukan kolagen di kulit, karena kerutan pada kulit bisa disebabkan oleh kurangnya produksi kolagen.

Baca juga:  Klinik Kecantikan Terbaik di Cibubur dan Depok Paling Populer

Secara keseluruhan, prosedur ini dianggap efisien dalam meremajakan kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah akibat stres, penuaan, dan paparan sinar UV yang berkepanjangan.

4. Mengatasi Kulit Kusam

Menurut American Academy of Dermatology Association, cara kerja mikrodermabrasi dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam akibat paparan sinar UV. Kulit wajah seringkali menjadi lebih cerah setelah 1-2 minggu hingga 1 bulan perawatan secara berkala, dengan total 5-16 perawatan.

5. Mengurangi Stretch Mark

Mikrodermabrasi wajah dipercaya dapat mempercepat penyembuhan kulit dan membantu pergantian sel kulit mati. Terapi ini juga dianggap sebagai alternatif yang aman untuk memudarkan stretch mark, terutama ketika stretch mark pertama kali terlihat.

Efek Samping Mikrodermabrasi

Salah satu manfaat mikrodermabrasi wajah adalah dilakukan tanpa anestesi sehingga resikonya lebih kecil. Prosedur ini jarang menimbulkan efek samping yang besar. Namun, sesaat setelah menerima mikrodermabrasi wajah, seseorang mungkin mengalami beberapa keluhan, antara lain:

  • Bengkak atau memar, diikuti sensasi kulit kencang pada wajah.
  • Kulit wajah menjadi kemerahan.
  • Menjadikan kulit wajah lebih sensitif dan kering dari biasanya.
  • Terkadang kulit wajah mengelupas.

Itu dia beberapa ulasan mengenai mikrodermabrasi wajah, kelebihan, dan prosedur pelaksanaannya, Setelah mendengar penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk mendapatkan perawatan kulit yang satu ini?

Untuk mendorong regenerasi kulit dan menjaganya tetap sehat, jadwalkan janji temu dengan dokter kulit di Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan penjelasan mengenai cara kerja mikrodermabrasi wajah dan diagnosis yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu, selamat mencoba!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll