Artikel

Bolehkah Mencuci Muka 3 Kali Sehari?

bolehkah mencuci muka 3 kali sehari

Bolehkah mencuci muka 3 kali sehari? Jawabannya adalah tidak disarankan, karena dapat menghancurkan fungsi pelindung kulit, yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Bolehkan mencuci muka 3 kali sehari kini menjadi topik yang sering diperbincangkan. Salah satu langkah penting dalam perawatan kulit adalah mencuci muka. Lalu, berapa banyak tahapan mencuci muka yang tepat?

Facial wash atau sabun cuci muka ini digunakan untuk mencuci muka dan memiliki resep yang lebih lembut dibandingkan sabun mandi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa riasan dan debu yang menempel di permukaan wajah.

Artikel ini akan menjelaskan apakah kamu boleh mencuci muka tiga kali sehari baik untuk kulit berminyak dan jenis lainnya. Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

Bolehkah Mencuci Muka 3 Kali Sehari?

Sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, penting untuk membersihkan muka dengan facial wash. Langkah ini akan menghilangkan sisa riasan dan kotoran di wajah serta membuatnya bersih kembali. Komedo, komedo putih, dan jerawat yang lebih parah dapat disebabkan oleh pembersihan wajah yang tidak tepat, sehingga menyumbat pori-pori.

Jika tidak membersihkan wajah secara tepat, tentu dapat mengurangi efektivitas produk perawatan kulit yang digunakan. Sebaliknya, mencuci muka secara berlebihan juga dapat menyebabkan kulit terlalu kering hingga dehidrasi.

Jadi, bolehkan mencuci muka 3 kali sehari? Jawabannya tentu tidak. Menurut buku Victoria Fu dan Gloria Lu Skincare Decoded: The Practical Guide to Beautiful Skin (2021), membersihkan wajah secara berlebihan dapat menghilangkan lipid kulit dan merusak fungsi pelindung kulit.

Faktanya, hal ini dapat membiarkan kuman masuk dan menyebabkan penurunan daya tahan alami, kemerahan, iritasi, jerawat, neurodermatitis dan penurunan ketahanan alami terhadap sinar UVA dan UVB.

Baca juga:  Skin Booster Hyaluronic Acid Untuk Apa? Solusi Kulit Bercahaya!

Frekuensi mencuci muka juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jika kamu memiliki kulit kering, disarankan untuk mencuci muka sekali sehari di malam hari. Setelah itu, lakukan serangkaian perawatan kulit, seperti menggunakan pelembab dan serum. 

Lalu jika kamu memiliki kulit berminyak atau kombinasi, cuci muka dua kali sehari di pagi dan malam, untuk mengontrol produksi minyak berlebih. 

Mencuci muka wajib dilakukan apabila kamu menggunakan makeup untuk mengurangi tumbuhnya jerawat. Bersihkan wajah dan rawat kulit sebelum dan sesudah menggunakan makeup. Namun, sebelum dicuci dengan air, bersihkan riasan dengan pembersih berbahan dasar minyak atau micellar water.

Cuci Muka Dalam Sehari Berdasarkan Kondisi Kulit

Bolehkan mencuci muka 3 kali sehari? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setiap orang memiliki kebutuhan mencuci muka yang berbeda-beda. Ini bergantung dengan kondisi kulit dan aktivitas yang dilakukan pada saat itu. Berikut penjelasannya:

1. Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya hanya mencuci muka sekali sehari. Alasannya karena seringnya mencuci muka dapat memperburuk kondisi kulit akibat berkurangnya minyak alami yang berfungsi melindungi kulit. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mencucinya?

Setelah melakukan berbagai aktivitas, kamu bisa mencuci muka di pagi atau sore hari. Setelah itu, gunakan pelembab dan toner kulit sebagai perawatan ekstra agar tetap sehat dan terawat.

2. Kulit Berminyak

Bolehkah mencuci muka 3 kali sehari untuk kulit berminyak? Kamu yang mengalami masalah ini disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari, tepatnya pada pagi dan malam hari.

Menurut para ahli, mencuci muka di pagi hari membantu menghilangkan penumpukan minyak di kulit saat kamu tidur. Sementara di malam hari, dapat menghentikan penumpukan jerawat dan minyak setelah seharian beraktivitas.

Baca juga:  Peran Dokter Estetika untuk Perawatan Kecantikan Kulit

3. Sehabis Berolahraga

Mencuci muka setelah berolahraga sangatlah penting, terlepas dari apakah kulit kamu berminyak atau kering. Pasalnya, keringat dapat menembus kulit pada saat itu dan menyumbat pori-pori. Inilah alasan mengapa jerawat bisa muncul di kulit.

Selain itu, ingatlah untuk mencuci muka dengan air dan handuk yang bersih. Menurut para ahli, menggunakan handuk kotor untuk mengeringkan wajah dapat menyebabkan kulit mudah teriritasi.

4. Menggunakan Makeup

Bolehkah mencuci muka 3 kali sehari? Ya, kamu harus membersihkan wajah dua kali sehari jika menggunakan makeup. Cara mencucinya pun cenderung berbeda. Makeup harus dihilangkan terlebih dahulu dengan pembersih kosmetik khusus.

Sudah tahu bukan berapa kali seharusnya kamu mencuci muka jika membaca ulasan di atas? Hal ini harus diwaspadai karena terlalu sering atau terlalu sedikit mencuci muka dapat menyebabkan iritasi pada wajah.

Jerawat bisa muncul jika wajah tidak dibersihkan. Mencuci muka secara berlebihan juga memudahkan keluarnya sebum dari kulit. Keasaman kulit, yang berfungsi mengatur jumlah keringat, minyak, dan mikroorganisme bermanfaat, juga dapat terganggu oleh perilaku tidak tepat ini.

Parahnya lagi, sering mencuci muka bisa membuat iritasi, kering, bersisik, dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Kabar baiknya, kamu bisa membersihkan wajah secara maksimal dengan treatment khusus.

Adalah Fabella Beauty Clinic yang menawarkan berbagai treatment untuk masing-masing kulit individu. Mulai dari facial, peeling, oxy infusion, dan masih banyak lagi. Semua perawatan ini akan dilakukan oleh dokter profesional yang terpercaya. Jadi bolehkan mencuci muka 3 kali sehari? Tentu saja jawabannya tidak, semoga membantu.

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll