Artikel

Apa Penyebab Pori Pori Besar dan Cara Mengatasinya!

apa penyebab pori pori besar

Apa penyebab pori pori besar kerap dikaitkan dengan kebersihan wajah yang tidak terjaga, namun sebenarnya bisa terjadi karena perubahan hormon hingga paparan sinar matahari.

Ukuran pori-pori wajah setiap orang berbeda-beda. Namun orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori besar dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Pori-pori besar disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik dan lingkungan.

Apa Penyebab Pori Pori Besar?

Setiap orang berisiko mengalami pori-pori di wajah. Namun, ada berbagai faktor yang meningkatkan risiko atau menyebabkan pori-pori besar, antara lain:

1. Genetika

Faktor genetik juga turut berkontribusi terhadap kemungkinan pori-pori wajah yang besar. Jadi, jika kamu terlahir dari orang tua dengan pori-pori besar, kemungkinan kamu juga akan mengalami masalah kulit yang sama.

2. Pertambahan Usia

Apa penyebab pori pori besar selanjutnya adalah bertambahnya usia. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, sintesis kolagen dan elastin kulit kian menurun, sehingga menyebabkan penurunan kekenyalan kulit. Kulit menjadi kendur dan pori-pori tampak lebih besar.

3. Produksi Sebum Berlebih

Pori-pori wajah mengeluarkan minyak (sebum) untuk menjaga kulit tetap kenyal, lembab, dan sehat. Namun jika kelenjar minyak (sebaceous) menghasilkan terlalu banyak sebum, pori-pori bisa jadi membesar.

Pada kondisi ini, kulit wajah memperbesarkan pori-porinya untuk menghilangkan minyak berlebih. Namun, sebum yang berlebihan, kulit mati, dan kotoran di wajah dapat terperangkap dalam pori-pori sehingga tampak membesar.

Baca juga:  Kenali 10 Jenis Facial Treatment di Depok dan Manfaatnya

4. Perubahan Hormon

Apa penyebab pori pori besar selanjutnya yaitu karena hormon. Tak heran jika perubahan hormonal di awal masa pubertas bisa menyebabkan kulit seorang remaja memiliki pori-pori yang besar.

Alasannya adalah karena perubahan hormonal selama masa pubertas bisa menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan. Dampaknya pori-pori tampak lebih besar. Begitu pula sepanjang siklus menstruasi. Saat menstruasi, perubahan hormonal menyebabkan pori-pori wajah tampak lebih besar.

5. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sinar matahari memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat merusak elastisitas dan kolagen kulit sehingga menyebabkan pori-pori membesar.

6. Kulit Kering

Meskipun tidak biasa, pori-pori besar dapat disebabkan oleh kulit yang terlalu kering dan proses penuaan di waktu yang bersamaan. Hubungan keduanya memang belum diketahui, namun kulit kering tidak boleh diabaikan karena membuat kulit lebih rentan mengalami iritasi.

7. Melewatkan Double Cleansing

Kulitmu harus benar-benar bebas dari debu, polutan, dan sisa riasan. Sebab, kotoran yang tertinggal bisa menyebabkan pori-pori membesar. Untuk menghindari apa penyebab pori pori besar ini, pastikan kamu melakukan double cleansing setiap hari ya!

8. Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Apakah kamu suka makan makanan berminyak dan berlemak? Sebaiknya jangan berlebihan. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di wajah, menyumbat pori-pori, dan akhirnya menyebabkan pembengkakan. 

Sebagai alternatif, kamu bisa menjaga nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan rendah lemak, sayuran, dan buah-buahan.

9. Menggosok Wajah Terlalu Kasar

Kondisi lain yang menyebabkan pori-pori membesar adalah menggosok wajah terlalu keras. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu mengeringkan wajah dengan handuk. Mulai sekarang pastikan untuk menyeka atau membersihkan wajah dengan lembut, ya!

Baca juga:  Klinik Laser Wajah Terbaik di Depok: Treatment untuk Glowing Seketika dan Cerah Bercahaya!

Cara Mengecilkan Pori-pori Besar

biaya laser wajah jerawat di fabella beaty clinic

Berdasarkan uraian apa penyebab pori-pori besar di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ada beberapa keadaan, seperti yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, yang tidak dapat dihindari. Namun kamu tidak perlu khawatir karena masalah pori-pori besar bisa diatasi dengan berbagai cara, antara lain:

  • Jagalah kebersihan kulit dengan baik dan gunakan produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan ringan atau sesuai dengan jenis kulit mu.
  • Gunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori atau berlabel non komedogenik.
  • Sebelum beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya untuk melindungi elastisitas dan kolagen kulit dari paparan sinar matahari.
  • Lakukan eksfoliasi kulit setiap 1-2 minggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah, sehingga mencegah pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.
  • Sebelum mengaplikasikan perawatan kulit atau riasan pada wajah, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air.
  • Jangan memencet jerawat karena tindakan ini bisa memperbesar pori-pori dan menimbulkan infeksi.

Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi pori pori besar. Jika kamu sudah mengikuti beberapa cara di atas namun masalah pori-pori besar tetap ada dan mengganggu penampilan, segera konsultasikan dengan dokter atau klinik kecantikan seperti Fabella Beauty Clinic untuk menentukan treatment terbaik dan sesuai kondisi kulitmu.

Kabar baiknya klinik terbaik di Depok ini langsung ditangani oleh dokter profesional dan terapis berpengalaman yang akan melakukan treatment dengan hati-hati agar tetap aman dan hasilnya maksimal. Ditunjang dengan teknologi mutakhir, sehingga apa penyebab pori pori besar dapat diatasi segera, yuk segera buat janji dan buktikan sendiri!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll