Artikel

Pantangan Setelah IPL Wajah dan Efek Sampingnya

fabella beauty clinic

Pantangan setelah IPL wajah mengacu pada beberapa hal yang perlu dihindari setelah menjalani perawatan Intense Pulsed Light (IPL) atau Cahaya Terpulsa Intens pada wajah.

Pantangan ini bertujuan untuk melindungi kulit dan memaksimalkan hasil perawatan IPL wajah. Simak sampai selesai ya, Sobat Fabella!

Pantangan Setelah IPL Wajah

Berikut adalah beberapa pantangan yang harus dihindari setelah IPL wajah:

1. Hindari paparan Sinar Matahari langsung

Kulit wajah akan lebih sensitif terhadap sinar matahari setelah IPL. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan hiperpigmentasi.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari, dan lindungi wajah dengan topi atau payung saat beraktivitas di luar ruangan.

2. Hindari menggunakan makeup terlebih dahulu

Pantangan setelah IPL wajah selanjutnya, hindari menggunakan make up selama 12 jam setelah IPL. Makeup bisa menyumbat pori-pori dan memperlambat proses pemulihan. Jika ingin menggunakan makeup, pilihlah produk yang ringan dan non-komedogenik.

3. Hindari mencuci muka dengan air panas

Gunakan air dingin atau hangat untuk mencuci muka selama 24 jam sebagai pantangan setelah IPL wajah. Air panas dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif

Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif seperti retinol, AHA, BHA, dan benzoyl peroxide selama 24-48 jam sebagai pantangan setelah IPL wajah. Bahan-bahan ini bisa membuat kulit lebih sensitif dan iritasi.

Baca juga:  Rekomendasi Klinik Kecantikan Untuk Anti Aging dan Slimming

5. Hindari menyentuh wajah

Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, karena bisa menyebabkan infeksi.

6. Hindari aktivitas fisik yang berat

Hindari aktivitas fisik yang berat selama 24 jam sebagai pantangan setelah IPL wajah. Aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan aliran darah ke wajah, dan menyebabkan kemerahan dan iritasi.

7. Hindari mandi air panas

Hindari mandi air panas selama 24 jam sebagai pantangan setelah IPL wajah. Panas bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

8. Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol

Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, seperti toner dan Astringent, selama 24-48 jam setelah IPL. Alkohol bisa membuat kulit kering dan iritasi.

9. Hindari penggunaan obat-obatan tertentu

Hindari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti aspirin dan ibuprofen, selama 24 jam sebelum dan setelah IPL. Obat-obatan ini dapat meningkatkan risiko perdarahan.

10. Hindari berenang

Pantangan setelah IPL wajah selanjutnya, Anda harus menghindari berenang di kolam renang atau laut selama 24 jam setelah IPL. Klorin dan air laut bisa menyebabkan iritasi kulit.

Pantangan-pantangan di atas adalah panduan umum. Dokter kulit Fabella Beauty Clinic akan memberikan instruksi yang berbeda berdasarkan kondisi kulit yang Anda alami.

Penting untuk mengikuti panduan dokter kulit dengan baik untuk mendapatkan hasil terbaik dari IPL. Bagaimana sudah paham mengenai pantangan setelah IPL wajah?

Efek Samping Setelah Perawatan IPL Wajah

Efek samping setelah perawatan IPL wajah umumnya ringan dan bersifat sementara. Berikut adalah beberapa efek samping yang paling umum:

  1. Kulit menjadi merah dan bengkak: Ini adalah efek samping yang paling umum dan biasanya hilang dalam beberapa jam.
  2. Rasa panas atau seperti terbakar matahari: Ini merupakan efek samping yang umum dan biasanya hilang dalam beberapa hari.
  3. Wajah mengalami memar: Ini jarang terjadi, tetapi memar bisa terjadi di area  treatment. Memar biasanya hilang dalam beberapa minggu.
  4. Keropeng: hal ini jarang terjadi, tetapi keropeng bisa terbentuk di area treatment. Keropeng akan hilang dalam 1-2 minggu.
  5. Perubahan warna kulit: Dalam beberapa kasus, IPL bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap atau lebih terang. Hal ini biasanya bersifat sementara, tetapi dalam beberapa kasus bisa permanen.
  6. Jaringan parut: masalah ini jarang terjadi, tetapi jaringan parut bisa terjadi di area yang dirawat.

Jika Anda mengalami efek samping apapun setelah perawatan IPL wajah, penting untuk menghubungi dokter. Pastikan sobat Fabella memahami pantangan setelah Treatment IPL, ya!

Baca juga:  10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Karena Usia

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengurangi risiko efek samping:

  • Pilih Terapis IPL yang berpengalaman dan berkualifikasi.
  • Beritahu dokter tentang riwayat kesehatan, termasuk alergi apa pun yang Anda miliki.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung selama beberapa hari sebelum dan setelah perawatan.
  • Menggunakan sunscreen dan  tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari.
  • Menggunakan kompres dingin untuk membantu mengurangi kemerahan dan bengkak.
  • Hindari menyentuh atau menggaruk area treatment

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang efek samping IPL, bicarakan dengan dokter di Fabella Beauty Clinic.

IPL Berapa Kali Sebulan?

Perawatan IPL biasanya dilakukan sekali sebulan selama beberapa sesi awal. Jumlah sesi-nya tergantung kondisi kulit dan hasil yang diinginkan, bisa 3-6 kali.

Setelah sesi awal, perawatan IPL biasanya dilanjutkan dengan sesi treatment lanjutan, namun tidak boleh terlalu sering, sekitar iap 3-4 bulan sekali.

Oke itu dia beberapa ulasan mengenai pantangan setelah IPL wajah dan efek sampingnya, untuk informasi lebih lanjut, chat Dokter Fabella Beauty Clinic, layanan customer care gratis!

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll