Artikel

Manfaat Glycolic Acid Untuk Wajah, Kulit Auto Glowing dan Cerah!

manfaat glycolic acid untuk wajah

Manfaat glycolic acid untuk wajah sangat terkenal dalam dunia kecantikan, kandungan ini bisa kamu temukan di prosedur perawatan terbaik masa kini, yuk simak selengkapnya!

Asam glikolat yang berasal dari tebu termasuk dalam kelompok asam alfa hidroksi (AHA). Zat ini merupakan unsur aktif yang banyak ditemukan pada produk kecantikan.

Asam glikolat terdiri dari molekul yang relatif kecil, sehingga mudah diserap oleh kulit. Fungsi utamanya adalah untuk mengelupas dan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga memungkinkan regenerasi kulit lebih cepat.

Fungsi kecantikan lainnya antara lain mencerahkan, meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit, menghilangkan bekas jerawat, dan mengurangi tanda penuaan pada wajah.

subsisi

Manfaat Glycolic Acid Untuk Wajah

Di bawah ini adalah berbagai manfaat glycolic acid bagi kecantikan dan peremajaan kulit, diantaranya:

1. Mencerahkan Kulit

Paparan sinar matahari berlebihan, lapisan kulit yang kian menipis, dan kondisi kulit kering semuanya dapat menyebabkan kulit kusam. Dalam mengatasi gangguan tersebut, asam glikolat mendorong pengelupasan sel kulit mati.

Manfaat glycolic acid untuk wajah terdiri dari perekat berbahan dasar lembut yang mendorong pengelupasan sel kulit di lapisan epidermis. Hal ini membuat warna kulit jadi tampak lebih cerah.

2. Meratakan Warna Kulit

Paparan radiasi UV yang berlebihan adalah penyebab paling umum dari warna kulit tidak merata. Jika kulit wajah tidak dilapisi tabir surya atau sunblock, sinarnya bisa masuk ke lapisan kulit.

Baca juga:  Klinik Kecantikan Pria Terdekat dan Terpercaya 2024

Asam glikolat membantu menyeimbangkan warna kulit dengan membersihkan sel-sel kulit mati. Hal ini memungkinkan masalah seperti flek hitam, perubahan warna kulit, dan melasma berkurang secara bertahap.

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori yang besar memudahkan kotoran, debu, dan sisa riasan menempel di lapisan atas kulit. Kondisi ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Untuk mengatasi hal ini, manfaat glycolic acid untuk wajah adalah membersihkan, memperbaiki, dan mengecilkan ukuran pori-pori. Hal ini dapat mencegah minyak, kotoran, dan sisa riasan menumpuk dan menyumbat pori-pori.

4. Menghaluskan Tekstur Kulit

Salah satu penyebab tekstur wajah tidak rata adalah penumpukan sel kulit mati. Kondisi ini membuat wajah menjadi kasar dan kusam, serta dapat memicu timbulnya masalah kulit wajah seperti jerawat.

Asam glikolat bekerja dengan merangsang pergantian sel kulit, sehingga dapat meremajakan kulit. Dengan begitu, kulit akan terhidrasi dengan baik, terasa lembab, halus, dan lembut.

5. Memudarkan Bekas Jerawat

Jerawat disebabkan oleh sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, minyak berlebih (sebum), dan berkembang biaknya bakteri propionibacterium acnes.

Manfaat glycolic acid untuk wajah adalah membersihkan jerawat dengan memasuki jaringan kulit dalam dan merangsang pergantian sel. Dengan begitu, jerawat yang mengganggu penampilan akan berkurang secara bertahap.

6. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Riwayat genetik keluarga dan penyakit yang berhubungan dengan masalah genetik, dampak buruk dari merokok, stres jangka panjang, dan paparan sinar matahari berlebihan semuanya dapat berkontribusi pada percepatan penuaan.

Asam glikolat mencegah penuaan dini dengan mendorong pembentukan kolagen dan elastin. Keduanya berkontribusi terhadap peningkatan kekenyalan dan kelembutan kulit.

Menggunakan asam glikolat untuk mencegah penuaan membutuhkan waktu lebih lama. Jika dikonsumsi setiap hari dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah sekaligus mencegah munculnya flek hitam.

Baca juga:  Vitamin E Untuk Kulit Wajah: Manfaat, Produk, dan Treatment

Cara Menggunakan Glycolic Acid dengan Aman

Secara keseluruhan, manfaat glycolic acid untuk wajah sangat aman dan efektif untuk digunakan pada kulit. Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan asam glikolat sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit cantikmu. Diantaranya adalah:

1. Gunakan Tabir Surya

Asam glycolic dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan, oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap pagi dan sore hari, khususnya ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

2. Gunakan Secara Bertahap

Jika kamu baru memulai dengan suatu produk, seperti exfoliating gel yang mengandung asam glikolat, gunakanlah secara bertahap. Misalnya pada minggu pertama, oleskan asam glikolat sehari sekali, lalu tiga kali dalam seminggu.

Setelah itu, lihat efeknya pada kulit. Jika tidak terjadi reaksi negatif seperti iritasi, kamu bisa meningkatkan frekuensi pemakaian, misalnya 4-5 kali per minggu. Lakukan terus secara bertahap hingga kulit terbiasa dan kamu bisa mengoleskan asam glikolat setiap hari.

3. Hindari Penggunaan Bersama Senyawa Eksfoliator Lainnya

Jika kamu sudah mengkonsumsi produk perawatan kulit lain yang mengandung komponen pengelupas kulit, seperti tretinoin, adapalene, atau isotretinoin, sebaiknya hindari penggunaan asam glikolat.

Alasannya karena penggunaan asam glikolat yang dikombinasikan dengan exfoliant lainnya bisa membuat kulit menjadi sangat sensitif, mengelupas secara berlebihan dan menyebabkan jerawat.

Jika kamu masih ragu untuk menggunakan asam glikolat sebagai bagian dari perawatan kulit sehari-sehari, segera kunjungi dokter kulit atau klinik kecantikan resmi seperti Fabella Beauty Clinic untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit mu.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, buktikan sendiri manfaat glycolic acid untuk wajah, dan lakukan treatment bulanan di klinik terbaik ini sehingga kulit terasa lebih bersih dan glowing sekalipun tanpa make up, selamat mencoba!

Baca juga:  Cegah Tanda-Tanda Penuaan Dini di Fabella Clinik Depok

Kategori :

Artikel
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Contact Us

Selamat datang di Layanan Konsultasi Online Fabella, kami siap memberikan pelayanan:

  • Konsultasi kulit gratis dengan Dokter / Tim Customer Care
  • Konsultasi Treatment/ perawatan
  • Reservasi online
  • Dll